Untuk menciptakan mail merge dengan gambar di word, kita perlu dukungan microsoft excel untuk menyimpan gambar/datanya. Biar tidak semakin ingin tau perhatikan langkah-langkah berikut ini dengan benar.
Buka Microsoft Excel
2. Pada sel excel buatlah Hyperlink kefoto yang diinginkan. Caranya klik Tab Insert > kemudian pilih Hyperlink > kemudian pilih Foto > dan terakhir Ok
4. Jika sudah menekan tombol OK, nantinya akan tampil hyperlink akan tampil menyerupai gambar di bawah ini (Tergantung penyimpanan fotonya yah)
5. Kemudian klik Save As untuk menyimpan data tersebut
Catatan: Posisikan file word, data source excel dan gambar/foto pada satu folder yang sama. Ini bertujuan biar gampang mengelolanya
Baca Juga: Cara Membuat Kwitansi Dengan Menggunakan Microsoft Excel
Buka Microsoft Word
3. Cari folder daerah data source excel berada, sehabis kemu kemudian open.
4. kemudian klik Insert merge field nama dan foto (satupersatu)
- Blok goresan pena «foto» lalutekan Ctrl+F9 sampai muncul tanda{}
- Tambahkan goresan pena MERGEFIELD menyerupai ini: { MERGEFIELD «foto»}
- Tekan lagi Ctrl+F9 sehingga menjadi menyerupai ini: {{ MERGEFIELD «foto»}}
- Tambahkan goresan pena IF TRUE menyerupai ini: {IF TRUE{ MERGEFIELD «foto»}}
- Tekan Ctrl+F9 lagi dan menjadi : {{IF TRUE{ MERGEFIELD «foto»}}}
- Kemudian tambahkan INCLUDEPICTURE menyerupai ini: {INCLUDEPICTURE {IF TRUE{ MERGEFIELD «foto»}}}
- Dan terakhir ketik \d menyerupai ini: {INCLUDEPICTURE {IF TRUE{ MERGEFIELD «foto»}}\d}
Catatan: Perludiingat, {} tidak diketik secara manual, tetapi harus dengan Ctrl+F9.
Aktifkan Preview Result, dan akan muncul tampilan Invalid Merge Field menyerupai gambar berikut, dan ikuti langkah menyerupai gambar di atas. Itulah cara menciptakan mail merge dengan gambar pada microsoft word, cukup gampang bukan? Sumber http://www.warunginter.net/