Cara Menyusun PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Beserta Contoh Formatnya_Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebagai pecahan dari penelitian tindakan (action research) yang dilakukan di kelas bertujuan memperbaiki mutu praktik di kelas. sedangkan tujuan utamanya yaitu meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajaran, mengatasi problem pembelajaran, meningkatkan profesionalisme, dan menumbuhkan budaya akademik. PTK makin diminati dan menjadi prioritas di kalangan para guru. Oleh alasannya itu, pengetahuan wacana PTK makin dibutuhkan. Masih banyak guru yang menciptakan karya tulis ilmiah (KTI) menyebut tulisannya sebagai PTK, tetapi bersama-sama belum atau bahkan bukan PTK.
Pada dasarnya ada bermacam-macam penelitian yang sanggup dilakukan oleh guru, contohnya penelitian deskriptif, penelitian eksperimen, dan penelitian tindakan. Di antara jenis penelitian tersebut yang diutamakan dan disarankan yaitu penelitian tindakan kelas.
Baca juga:
Perbedaan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif
Tata Cara Penulisan Karya Ilmiah (TESIS)
Dalam penelitian tindakan terdapat kata tindakan, artinya dalam hal ini guru melaksanakan sesuatu. Arah dan tujuan penelitian yang dilakukan oleh guru harus jelas, yaitu untuk kepentingan penerima didik dalam meningkatkan hasil belajarnya, bukan untuk kepentingan guru.
Cara Menyusun PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Beserta Contoh Formatnya
Setelah melaksanakan PTK, guru dituntut untuk sanggup menulis laporannya. Dalam penyusunan laporan, perlu mengikuti garis besar sistematika yang umum digunakan. Untuk memudahkan menulis laporan, terlebih dahulu harus dikembangkan format atau struktur laporan. Secara garis besar, laporan dibagi menjadi tiga bagian, yaitu pecahan pembukaan, pecahan isi, dan pecahan penunjang. Bagian pembukaan terdiri atas halaman judul, halaman pengesahan, dan abstrak. Bagian isi terdiri atas pendahuluan, prosedur, hasil dan pembahasan, selesai dan rekomendasi atau saran. Bagian penunjang terdiri atas daftar pustaka, lampiran-lampiran yang perlu, dan lampiran instrumen penelitian. Penjelasan rinci, sanggup diperhatikan teladan salah satu format laporan PTK berikut ini.
CONTOH FORMAT LAPORAN PTK
Halaman Judul
Halaman Pengesahan
Abstrak
(Bahasa Indonesia + Bahasa Inggris, maksimum masing-masing 150-250 kata )
KATA PENGANTAR
DARTAR ISI
DAFTAR TABEL
DAFTAR GAMBAR
DAFTAR LAMPIRAN
BAB I PENDAHULUAN
A. Masalah dan latar belakang masalah Uraikan secara lugas problem yang ingin ditanggulangi, penyebab timbulnya problem tersebut, dan tingkat problem yang ingin ditanggulangi oleh peneliti.
B. Rumusan masalahUraikan secara singkat bentuk tindakan yang akan diambil (misal: mengapa berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi/ TIK?), argumentasi teoretik dan/atau empirik pemilihan tindakan, dan rumuskan hipotesis tindakan sebagai landasan tindakan yang dipakai (bila dipandang memungkinkan).
C. Tujuan penelitianUraikan hasil penelitian yang diperlukan (anticipated results) dari penelitian ini.
D. Ruang Lingkup PenelitianSebutkan lingkup atau batas- batas tindakan yang akan diambil peneliti.
E. Manfaat penelitianUraikan secara terperinci manfaat hasil penelitian bagi sekolah (misalnya: pengembangan kurikulum, kebijakan, guru, maupun siswa, dsb.)
BAB II PEMBAHASAN, KERANGKA PIKIR DAN HIPOTESIS
A. Pembahasan
uraikan dengan secama dan deskriktif variabel penelitian anda (Uraikan variabel X dan Y)
B. Kerangka pikir Adalah sintaks dari hasil analisa variabel penelitian yang berbentuk denah yang menghasilkan sebuah pernyataan
C. HipotesisBerisi dugaan sementara calon peneliti terkait variabel penelitian yang biasanya ditandai dengan kalimat :jika... maka...
BAB III PROSEDUR PENELITIAN TINDAKAN KELAS
A. Setting PenelitianSebutkan lokasi penelitian, waktu penyelenggaraan penelitian (misal: Semester I, II, bulan, tahun, dst.), dan karakteristik kelompok target yang menjadi subjek penelitian, serta bentuk kegiatan penggunaan ICT dalam pembelajaran.
B. Prosedur Penelitian1. Gambaran Umum Penelitian
Uraikan citra umum penelitian yang dilakukan termasuk jumlah dan mekanisme siklus penelitian yang dilakukan.
2. Rincian Prosedur Penelitian
a. Persiapan Tindakan
Sebutkan persiapan apa saja yang dilakukan (seperti analisis diagnostik untuk menspesifikasi problem dan rincian penyebab timbulnya masalah), pembuatan alat-alat berbasis TIK dalam rangka tindakan, dan lain-lain yang terkait dengan pelaksanaan tindakan di kelas
b. Implementasi Tindakan
Deskripsikan tindakan yang akan diambil, skenario kerja tindakan, dan mekanisme tidakan yang dipakai peneliti
c. Pemantauan dan Evaluasi
Uraikan Prosedur pemantauan dan penilaian tindakan, alat- alat pemantauan dan penilaian yang digunakan, beserta kriteria keberhasilan tindakannya
d. Analisis dan Refleksi
Uraikan mekanisme analisis hasil pemantauan dan refleksi terhadap tindakan yang telah diambil, tim yang terlibat dalam analisis hasil pemantauan dan refleksi, kriteria dan rencana bagi tindakan daur ulang.
BAB IV: HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Sajikan hasil penelitian atau temuan sehabis tindakan dilaksanakan dan penyajian temuan harus sesuai dengan problem yang telah dirumuskan, dan dilakukan pembahasan secara lengkap wacana temuan atau hasil PTK tersebut. Pembahasan hendaknya menawarkan klarifikasi wacana kegagalan maupun keberhasilan penerapan TIK dalam pembelajaran, tentu bila salah satu atau keduanya ada, suatu tindakan
BAB V : SIMPULAN DAN SARAN
A. SimpulanSimpulkan hasil penelitian yang diperoleh secara lengkap, sesuai dengan problem yang diteliti
B. Saran- saranAjukan saran- saran untuk penerapan hasil penelitian dan kemungkinan penelitian lebih lanjut dimasa mendatang.
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRANLampirkan (a) model program/materi pembelajaran berbasis TIKmultimedia yang sekaligus menunjukkan skenario tindakan, (b) instrumen penelitian, (c) data pendukung (contoh: hasil rekap tabulasi data, foto dan lainnya), dan (d) lain-lain.
Laporan PTK dibentuk sehabis penelitian selesai dilakukan dan sehabis data diperoleh dari lapangan lalu dianalisis. Kaprikornus laporan bukanlah karangan si penulis yang dibentuk tanpa disertai data dan gosip yang diperoleh di lapangan. Untuk memudahkan menulis laporan lakukanlah hal-hal berikut:
1. Kembangkan judul atau sub judul untuk setiap pecahan dari format yang dikembangkan untuk memberi isi pada laporan tersebut.
2. Tuliskan apa yang ada dalam pikiran Anda, baik itu isi, fakta, konsep atau gosip lainnya, tanpa memikirkan bentuk dan susunan kalimatnya terlebih dahulu.
3. Apabila isi yang Anda inginkan sudah masuk dalam laporan tersebut, betulkan bentuk dan formatnya sesuai dengan bentuk dan format yang dikembangkan.
4. Betulkan kalimatnya sesuai dengan gramatika, sintaks, dan gaya penulisannya.
Hal lain yang penting dalam menulis laporan PTK yaitu sinkronisasi antara masalah, tujuan, hipotesis tindakan, dan kesimpulan. Hal ini sangat penting, alasannya problem sebagai titik tolak dalam melaksanakan PTK, sehingga hasil dan kesimpulannya harus berupa cara untuk mengatasi problem tersebut. Dengan demikian sanggup disimpulkan bahwa laporan PTK yaitu cara untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi dalam proses pembelajaran.
Sumber http://www.rijal09.com