CONTOH SOAL TAP IDIK4500 KASUS PEMBELAJARAN IPA DI SD
Kasus Pembelajaran
IPA SD
IPA SD
Pak Sartono mengajar di kelas 6 SD
Setiabakti. Suatu pagi, Pak Sartono masuk kelas dengan membawa sebuah globe.
Perhatian bawah umur tertuju kepada globe tersebut, namun Pak Sartono hanya
meletakkan globe itu di depan kelas.
Setiabakti. Suatu pagi, Pak Sartono masuk kelas dengan membawa sebuah globe.
Perhatian bawah umur tertuju kepada globe tersebut, namun Pak Sartono hanya
meletakkan globe itu di depan kelas.
Setelah mengucapkan salam dan menanyakan
siapa yang tidak hadir, Pak Sartono memberikan bahwa hari ini, dalam
pelajaran IPA akan dibahas tata surya dengan topik terjadinya siang dan malam.
Pak Sartono juga memberikan bahwa sesudah pelajaran usai, anak-anak
diharapkan sanggup menjelaskan wacana terjadinya siang dan malam. Tanpa memberi
kesempatan bertanya, Pak Sartono melanjutkan pertanyaan.
siapa yang tidak hadir, Pak Sartono memberikan bahwa hari ini, dalam
pelajaran IPA akan dibahas tata surya dengan topik terjadinya siang dan malam.
Pak Sartono juga memberikan bahwa sesudah pelajaran usai, anak-anak
diharapkan sanggup menjelaskan wacana terjadinya siang dan malam. Tanpa memberi
kesempatan bertanya, Pak Sartono melanjutkan pertanyaan.
Sambil bangun di depan kelas, Pak Sartono
menjelaskan terjadinya siang dan malam. Anak-anak melihat ke Pak Sartono dengan
muka penuh tanda tanya. Dengan lancar Pak Sartono menjelaskan bahwa siang dan
matam teoadi alasannya yaitu bumi berputar pada porosnya sendiri. Anak-anak kelihatan
mulai bosan, mereka menyerupai masih menunggu Pak Sartono memakai globe yang
dipajang di depan kelas, namun hingga klarifikasi berakhir, globe itu tidak
pemah disentuh.
menjelaskan terjadinya siang dan malam. Anak-anak melihat ke Pak Sartono dengan
muka penuh tanda tanya. Dengan lancar Pak Sartono menjelaskan bahwa siang dan
matam teoadi alasannya yaitu bumi berputar pada porosnya sendiri. Anak-anak kelihatan
mulai bosan, mereka menyerupai masih menunggu Pak Sartono memakai globe yang
dipajang di depan kelas, namun hingga klarifikasi berakhir, globe itu tidak
pemah disentuh.
Setelah klarifikasi selesai, Pak Sartono
memberi kesempatan kepada bawah umur untuk bertanya. Namun, tidak ada yang
bertanya. Pak Sartono kemudian meminta bawah umur mengeluarkan buku latihan, dan
mcngerjakan soal yang terdiri dari 10
pertanyaan yang ditulis di papan tulis.
memberi kesempatan kepada bawah umur untuk bertanya. Namun, tidak ada yang
bertanya. Pak Sartono kemudian meminta bawah umur mengeluarkan buku latihan, dan
mcngerjakan soal yang terdiri dari 10
pertanyaan yang ditulis di papan tulis.
Ketika bawah umur bekerja, Pak Sartono
keluar kelas. Anak-anak kelihatan resah alasannya yaitu tidak mengerti bagaimana harus
menjawab soal tersebut. Mereka akhimya membuka buku IPA dan mencoba mencari
jawabannya di sana. Namun, banyak anak yang malas membaca sehingga mereka sama
sekali tidak menjawab. Ketika Pak Sartono masuk kelas dan bertanya apakah
anak-anak sudah selesai mengerjakan soal tersebut, ia menjadi murka karena
temyata hanya 5 orang dari 30 orang anak yang selesai mengerjakan soal
tersebut. Anak yang lima orang tersebut hanya menyalin dari buku IPA, tanpa
meyakini apakah jawabannya benar atau salah, sedangkan bawah umur yang lain
mengatakan tidak sanggup menjawab pertanyaan tersebut alasannya yaitu tidak mengerti. Pak
Sartono terdiam, ia sangat murka dan kecewa, tetapi mencoba menahan amarahnya.
Ia meminta bawah umur beristirahat. Pak Sartono tinggal sendiri di dalam kelas.
Ia mencoba mengingat apa yang terjadi di kelasnya.
keluar kelas. Anak-anak kelihatan resah alasannya yaitu tidak mengerti bagaimana harus
menjawab soal tersebut. Mereka akhimya membuka buku IPA dan mencoba mencari
jawabannya di sana. Namun, banyak anak yang malas membaca sehingga mereka sama
sekali tidak menjawab. Ketika Pak Sartono masuk kelas dan bertanya apakah
anak-anak sudah selesai mengerjakan soal tersebut, ia menjadi murka karena
temyata hanya 5 orang dari 30 orang anak yang selesai mengerjakan soal
tersebut. Anak yang lima orang tersebut hanya menyalin dari buku IPA, tanpa
meyakini apakah jawabannya benar atau salah, sedangkan bawah umur yang lain
mengatakan tidak sanggup menjawab pertanyaan tersebut alasannya yaitu tidak mengerti. Pak
Sartono terdiam, ia sangat murka dan kecewa, tetapi mencoba menahan amarahnya.
Ia meminta bawah umur beristirahat. Pak Sartono tinggal sendiri di dalam kelas.
Ia mencoba mengingat apa yang terjadi di kelasnya.
Pertanyaan :
1. ldentifikasi empat insiden penting yang terjadi dalam
kasus pembelajaran yang dikelola oleh Pak Sartono, yang dapat mengakibatkan timbulnya masalah.
kasus pembelajaran yang dikelola oleh Pak Sartono, yang dapat mengakibatkan timbulnya masalah.
2. Jika Anda yang menjadi Pak
Sartono, bagaimana cara Anda mengatasi problem gagalnya bawah umur menjawab
pertanyaan Pak Sartono? Susunlah satu rencana perbaikan melalui penelitian
tindakan kelas (PTK). Rencana tersebut meliputi :
Sartono, bagaimana cara Anda mengatasi problem gagalnya bawah umur menjawab
pertanyaan Pak Sartono? Susunlah satu rencana perbaikan melalui penelitian
tindakan kelas (PTK). Rencana tersebut meliputi :
a. Identikasi problem
b. Analisis Masalah (maksimal 4
butir).
butir).
c. Rumusan Masalah
d. Tujuan Perbaikan.
e. Langkah-langkah perbaikan
f. Untuk langkah-langkah perbaikan,
kembangkan mekanisme pembelajaran yang ditempuh yang meliputi kegialan awal,
kegiatan inti, dan acara penutup.
kembangkan mekanisme pembelajaran yang ditempuh yang meliputi kegialan awal,
kegiatan inti, dan acara penutup.
Rambu Jawaban
1. Peristiwa penting yang dapat mengakibatkan timbulnya masalah.
1)
Pada
awal pelajaran tidak ada tanya jawab wacana topik yang akan dibahas.
Pada
awal pelajaran tidak ada tanya jawab wacana topik yang akan dibahas.
2)
Topik
yang akan dibahas tidak dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari.
Topik
yang akan dibahas tidak dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari.
3)
Tidak
menggunakan alat peraga contohnya globe,
ketika menjelaskan hanya
dipajang saja.
Tidak
menggunakan alat peraga contohnya globe,
ketika menjelaskan hanya
dipajang saja.
4)
Tldak
memberi rujukan atau ilustrasi.
Tldak
memberi rujukan atau ilustrasi.
5)
Tidak
memeriksa pemahaman siswa setelah
menjelaskan.
Tidak
memeriksa pemahaman siswa setelah
menjelaskan.
6) Tidak menawarkan petunjuk yang terperinci ketika siswa diberi latihan
7)
Tldak
melakukan pengelolaan kelas mlsalnya melaksanakan supervisi saat siswa mengerjakan latihan
Tldak
melakukan pengelolaan kelas mlsalnya melaksanakan supervisi saat siswa mengerjakan latihan
2. Rencana Perbalkan
ldentifikasi
Masalah :
Masalah :
a. Pembelajaran Pak Sartono kurang
berhasil
berhasil
b. Hanya 5 dari 30 anak yang
selesai mengeriakan soal, sisanya menyampaikan tidak sanggup menjawab soal
tersebut.
selesai mengeriakan soal, sisanya menyampaikan tidak sanggup menjawab soal
tersebut.
Analisis Masalah
a. Guru tidak memakai alat
peraga
peraga
b. Penjelasan terlampau abnormal
c.
Tidak
ada tanya jawab, baik pada acara awal, maupun acara inti
Tidak
ada tanya jawab, baik pada acara awal, maupun acara inti
d. Siswa hanya menjadi pendengar pasif
e. Topik tidak dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari
f.
Tidak
memeriksa pemahaman siswa
Tidak
memeriksa pemahaman siswa
g. Tldak menawarkan petunjuk
sebelum siswa berlatih
sebelum siswa berlatih
h. Tidak memantau acara yang
dilakukan siswa dikala berlatih
dilakukan siswa dikala berlatih
Rumusan Masalah
Bagaimana
cara meningkatkan pemahaman siswa terhadap topik tata surya datam hal ini
terjadinya siang dan matam melalui :
cara meningkatkan pemahaman siswa terhadap topik tata surya datam hal ini
terjadinya siang dan matam melalui :
a. Penggunaan alat peraga, atau
b. Diskusi kelompok, atau
c. Metode demonstrasi, atau
d. Eksperimen
Tujuan
Perbaikan
Perbaikan
Meningkalkan
kinerja guru sehingga meningkatkan pemahaman siswa
terhadap topik tata surya melalui :
kinerja guru sehingga meningkatkan pemahaman siswa
terhadap topik tata surya melalui :
a. Penggunaan alat peraga, atau
b. Diskusi kelompok, atau
c. Metode demonstrasi, atau
d. Eksperimen
Langkah Kegiatan
Perbaikan
Perbaikan
Kegiatan Awal :
a.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
b. Menyampaikan acara yang akan dilakukan
c. Apersepsi : mengajukan pertanyaan, mengaitkan bahan dengan
pelajaran sebelumnya atau pengalaman
siswa sehari–hari
pelajaran sebelumnya atau pengalaman
siswa sehari–hari
d. Memberikan pre-test
Kegiatan Inti :
a.
Dengan
bantuan anak, guru
mendemonstrasikan terjadinya siang dan malam
dengan memakai globe dan lampu senter.
Dengan
bantuan anak, guru
mendemonstrasikan terjadinya siang dan malam
dengan memakai globe dan lampu senter.
b. Selama peragaan, guru melakukan
tanya jawab (untuk mengonkretkan terjadinya siang dan malam, serta mengaktifkan anak)
tanya jawab (untuk mengonkretkan terjadinya siang dan malam, serta mengaktifkan anak)
Atau
a. Guru membagi siswa dalam kelompok dan menjelaskan yang
harus dilaksanakan.
harus dilaksanakan.
b. Secara berkelompok, anak-anak
memperagakan terjadinya siang dan malam
dengan memakai bola dan lampu senter yang dibawa oleh masing-masing
kelompok (untuk memantapkan
pemahaman siswa, atau melatih kerja sama.
memperagakan terjadinya siang dan malam
dengan memakai bola dan lampu senter yang dibawa oleh masing-masing
kelompok (untuk memantapkan
pemahaman siswa, atau melatih kerja sama.
c. Setiap kelompok memberi laporan
tentang hasil kerja kelompoknya
(untuk menyebarkan pengalaman dengan kelompok lain)
tentang hasil kerja kelompoknya
(untuk menyebarkan pengalaman dengan kelompok lain)
Kegiatan
Penutup :
Penutup :
a.
Memberikan
tes tertulis dan membahas hasil tes dan menawarkan balikan, atau
Memberikan
tes tertulis dan membahas hasil tes dan menawarkan balikan, atau
b. Siswa dengan bimbingan guru
menyimpulkan bahan yang telah dibahas, atau
menyimpulkan bahan yang telah dibahas, atau
c.
Siswa
dengan bimbingan guru menciptakan rangkuman bahan yang telah dibahas.
Siswa
dengan bimbingan guru menciptakan rangkuman bahan yang telah dibahas.
Sumber aciknadzirah.blogspot.com