Wednesday, December 13, 2017

√ Soal Dan Kunci Tanggapan Pat Prakarya Smp Kelas 8 Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2018/2019

Soal PAT Prakarya Kelas 8 Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2018/2019
Soal dan Kunci Jawaban PAT Prakarya Sekolah Menengah Pertama Kelas 8 Kurikulum 2013 – Penilaian Akhir Tahun (PAT) pada kurikulum 2013 atau Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) pada kurikulum 2006. Kini memasuki hari keempat, Kamis 16 Mei 2019 dilaksanakan PAT dengan mata pelajaran yang diujikan ialah IPA dan Prakarya. 

Pada kesempatan ini kami mengembangkan soal PAT Prakarya Sekolah Menengah Pertama Kelas 8 Kurikulum 2013 tahun pelajaran 2018/2019 beserta kunci balasan yang mudah-mudahan bermanfaat bagi penerima didik untuk penilaian diri, dan bapak atau ibu guru untuk analisis soal sehabis PAT. 

Berikut Soal dan Kunci Jawaban PAT Prakarya Sekolah Menengah Pertama Kelas 8 Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2018/2019

I. Pilihlah salah satu balasan dari A, B, C, atau D yang paling benar!

1. Limbah yang berasal dari alam (tumbuhan dan hewan) bersifat keras, padat, dan membutuhkan waktu yang cukup usang untuk terurai dalam tanah disebut dengan limbah....
A. domestik C. anorganik
B. organik D. buatan

2. Dalam kehidupan sehari-hari sering kali kita menemukan jenis materi limbah keras organik yang sanggup dijadikan sebuah karya kerajinan, diantaranya adalah.....
A. cangkang kerang laut, tulang sapi, tulang ikan, sisik ikan, tempurung kelapa, dan potongan kayu.
B. cangkang kerang laut, tulang sapi, tulang ikan, sisik ikan, tempurung kelapa, dan potongan kayu.
C. cangkang kerang laut, tulang sapi, potongan kaca, sisik ikan, potongan keramik, dan potongan kayu.
D. cangkang kerang laut, tulang sapi, tulang ikan, sisik ikan, potongan batu, dan potongan kayu.

3. Jenis dan karakteristik limbah keras sanggup dibedakan menjadi dua bab diantaranya adalah....
A. limbah keras organik dan buatan C. limbah keras organik dan anorganik
B. limbah keras domestik dan buatan D. limbah keras padat dan buatan

4. Sebuah produk kerajinan akan kelihatan menarik apabila kita menawarkan warna dengan cara disemprot atau di kuas dengan memakai cat. Pengolahan tersebut merupakan proses dari....
A. pencucian limbah C. pewarnaan
B. pengeringan D. pengeringan sehabis pewarnaan

5. Leli mendapat kiprah dari gurunya untuk menciptakan sebuah karya kerajinan dari materi limbah keras organik. Leli menyadari bahwa dirinya terlahir di kota Indramayu yang merupakan kawasan akrab pesisir pantai, tentunya banyak sekali materi kerajinan ibarat cangkang kerang, tempurung kelapa, sisik ikan, dan tulang ikan. Leli ingin menciptakan sebuah kerajinan dari cangkang kerang untuk dijadikan sebuah gantungan kunci berbentuk boneka, peralatan apa saja yang harus dipersiapkan Leli untuk menciptakan kerajinan dari cangkang kerang tersebut....  
A. amplas, gergaji, lem tembak, dan gerinda
B. amplas, kikir, lem tembak, dan kertas
C. amplas, paku, lem tembak, dan gerinda
D. amplas, kikir, lem tembak, dan gerinda

6. Poi dan temen-temannya mendapat kiprah kelompok dari gurunya untuk menciptakan tambahan ibarat anting-anting, cincin, kalung, bros, dan gelang dari limbah keras. Untuk menciptakan kerajinan tersebut Poi dan teman-temanya harus menyiapkan materi limbah keras dari....
A. sisik ikan B. cangkang kerang C. pelepah pisang D. tempurung kelapa

7. Perairan Indonesia sangat kaya akan hasil lautnya, terutama ikan. Dari produk ikan, dihasilkan limbah yang dimanfaatkan sebagai materi dasar kerajinan. Limbah yang diambil dari ikan untuk menciptakan suatu karya kerajinan biasanya adalah....
A. sisik dan ekor B. tulang dan ekor C. sisik dan daging D. tulang dan sisik

8. Sentuhan selesai dari sebuah proses pembuatan produk kerajinan biar sanggup terlihat lebih bagus dan indah harus ada....
A. pewarnaan B. kemasan C. hiasan D. teknik pembuatan

9. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk menciptakan kerajinan dari tempurung kelapa cukup gampang untuk didapatkan, adapun bahan-bahan tersebut yaitu....
A. lem baja, tempurung kelapa, dempul, melanin/politur, amplas, dan cat
B. lem alteko, tempurung kelapa, dempul, melanin/politur, amplas, dan cat
C. lem kayu, tempurung kelapa, pisau, melanin/politur, amplas, dan cat
D. lem kayu, tempurung kelapa, dempul, melanin/politur, amplas, dan cat

10. Indonesia tergolong negara maritim alasannya dikelilingi oleh lautan sehingga pohon kelapa sanggup dengan gampang dijumpai. Adapun propinsi yang banyak menghasilkan kerajinan dari tempurung kelapa adalah....
A. Aceh B. Jawa Timur C. Sulawesi Utara D. Bandung

11. Plastik, potongan keramik, potongan kaca, dan baja merupakan limbah....
A. domestik B. anorganik C. organik D. buatan

12. Limbah potongan keramik yang tersedia di lingkungan sanggup dimanfaatkan dengan teknik mozaik, yang dimaksud dengan teknik mozaik adalah....
A. melekat potongan-potongan kecil menjadi suatu lukisan yang indah
B. mengukir potongan-potongan kecil menjadi suatu lukisan yang indah
C. mengecat potongan-potongan kecil menjadi suatu lukisan yang indah
D. membasuh potongan-potongan kecil menjadi suatu lukisan yang indah

13. Botol beling bekas kalau dijual ke penadah hanya sanggup menghasilkan beberapa ribu rupiah saja, tetapi kalau diolah dengan teknologi tinggi ibarat pemanasan, botol beling ini akan bermetamorfosis batu-batu manis yang berkilau dan sanggup dibentuk menjadi banyak sekali asesoris atau hiasan lainnya. Pencairan beling sanggup memakai tungku keramik yang berderajat tinggi hingga....
A. 6000C B. 7000C C. 8000C D. 9000C

14. Prinsip pengolahan limbah terdiri dari....
A. reduce, reuse dan recycle C. reduce, reuse dan remove
B. resourse, reuse dan recycle D. redure, reuse dan recycle

15. Muhammad Ayip saat mau minum gelas yang diambilnya jatuh, sehingga potongan beling gelas tersebut berserakan, kemudian beliau mengumpulkan potongan gelas tersebut untuk dijadikan sebuah karya kerajinan. Kerajinan yang akan dibentuk Muhammad Ayip ialah jenis limbah....
A. organik  B. anorganik C. domestik D. gas

16. Alat yang dipakai untuk menciptakan kerajinan limbah potongan keramik adalah....
A. paku, amplas, waslap, sendok semen, dan karet sandal bekas.
B. karung, amplas, waslap, sendok semen, dan karet sandal bekas
C. tungku pembakaran, amplas, waslap, sendok semen, dan karet sandal bekas
D. palu, amplas, waslap, sendok semen, dan karet sandal bekas

17. Limbah potongan kaca, potongan keramik, potongan logam, dan aneka plastik bekas perabot merupakan limbah yang banyak dihasilkan di daerah....
A. pesisir pantai/laut C. kawasan pertanian  
B. kawasan perkotaan D. kawasan pegunungan

18. Mendaur ulang limbah keras anorganik menjadi karya kerajinan, biar kita sanggup membantu menuntaskan duduk perkara polutan di lingkungan kita merupakan proses dari....
A. reduce B. reuse C. recycle   D. remove

19. Yang bukan merupakan proses pembuatan kerajinan plastik adalah....
A. amplas C. isi lem tembak
B. semprotan warna D. aneka plastik

20. Gambar disamping merupakan hasil kerajinan limbah keras anorganik dari....

A. plastik
B. potongan keramik
C. potongan kaca 
D. aneka plastik

21. Suatu acara mengubah materi mentah menjadi materi masakan siap dikonsumsi atau menjadi materi setengah jadi dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas dan memperpanjang masa simpan materi pangan merupakan pengertian....
A. pengolahan materi pangan C. pengolahan materi masakan setengah jadi
B. pengolahan buah-buahan D. pengolahan materi minuman

22. Jenis tumbuhan golongan tumbuhan padi-padian/rumput-rumputan (Gramineae) yang dibudidayakan untuk menghasilkan bulir-bulir berisi biji-bijian sebagai sumber karbohidrat/pati merupakan jenis tumbuhan....
A. umbi B. bayam C. kedelai D. serealia

23. Ada enam macam zat gizi yang diharapkan insan untuk memenuhi kebutuhan badan supaya sanggup tumbuh dengan baik dan sehat, yaitu....
A. karbohidrat, protein, lemak, vitamin, susu, dan air
B. karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air
C. susu, karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan air
D. protein, lemak, vitamin, mineral, garam dan air

24. Ibu Nenden memasak materi masakan dengan saus atau materi cair lainnya yang dididihkan dahulu gres api dikecilkan di bawah titik didih dan direbus lama, di mana di permukaannya muncul gelembung-gelembung kecil. Teknik memasak yang dilakukan Ibu Nenden memakai teknik....
A. boiling B. moist heat C. simmering D. poaching

25. Onde-onde merupakan masakan yang terbuat dari materi setengah jadi tepung ubi ungu dan tepung ketan putih merupakan kudapan khas masyarakat....
A. Indramayu B. Bugis C. Kalimantan D. Bali

26. Cara mengolah materi masakan yang terlebih dahulu ditumis bumbunya, dan direbus dengan cairan yang berbumbu dan cairan yang tidak terlalu banyak dengan api sedang, biasanya dipakai pada makanan....
A. daging, ayam, dan ikan C. sayuran dan ikan
B. ikan, nasi dan daging D. daging dan sayur

27. Yang tidak perlu diperhatikan dalam menyajikan penampilan olahan pangan adalah....
A. kombinasi warna C. bentuk, tekstur, dan kekentalan
B. rasa dan suhu D. hidangan dan bumbu masakan

28. Untuk mengolah materi masakan dengan memakai materi dasar cairan untuk mematangkannya disebut....
A. boiling B. poaching C. moist heat D. simmering

29. Salah satu produk pangan setengah jadi bentuk pipih tebal atau tipis dari serealia antara lain kecuali....
A. emping B. mentega C. mie D. bihun

30. Tiwul merupakan produk pangan setengah jadi dengan bentuk butiran besar terbuat dari....
A. umbi B. kentang C. kedelai D. gandum

31. Biji berukuran lebih besar dibandingkan serealia yang dipakai untuk materi pangan insan dan binatang ternak adalah....
A. kentang B. umbi C. kacang-kacangan D. padi

32. Menurut hasil penelitian, bekatul mengandung mineral yang jumlahnya melebihi air minum sekitar....
A. 5% B. 10% C. 15% D. 20%

33. Teknik pengolahan pengawetan pangan terdiri atas tiga metode, yaitu....
A. pengawetan biologis, pengawetan fisik, dan pengawetan alam
B. pengawetan fisik, pengawetan biologis, dan pengawetan kimiawi
C. pengawetan fisik, pengawetan pembekuan, dan pengawetan kimiawi
D. pengawetan pemanasan, pengawetan pembekuan, dan pengawetan kimiawi

34. Ibu Wiwik terbiasa menciptakan susu kedelai sendiri untuk keluarganya setiap hari. Maka Ibu Wiwik mempunyai banyak ampas kedelai. Ampas kedelai kalau dibuang amatlah sayang alasannya mempunyai kandungan gizi yang baik bagi kesehatan tubuh, biar ampas kedelai sanggup bermanfaat maka Ibu Wiwik sanggup mengolah ampas kedelai itu menjadi....
A. tempe gembus B. bubur kacang C. tahu goreng D. biskuit

35. Produk yang dihasilkan selain produk utama merupakan pengertian dari....
A. produk hasil samping C. produk hasil biji-bijian
B. produk hasil pangan D. produk hasil ternak

36. Teknik pengolahan yang sering diterapkan pada pengolahan hasil samping serealia, kacang-kacangan, dan umbi menjadi produk pangan, memakai teknik pengolahan pangan dasar dan teknik....
A. pemanasan pangan pengawetan C. pengolahan pangan pengawetan 
B. pembuatan pangan pengawetan D. pendinginan pangan pengawetan

37.Glandir merupakah hasil samping dari tanaman....
A. kacang kedelai B. serealia C. kentang D. ubi jalar

38. Tujuan dari pengemasan, sanggup membantu mencegah atau mengurangi....
A. bau B. rasa C. kerusakan D. warna makanan

39. Proses pengawetan masakan yang dilakukan dengan peragian atau fermentasi, dan enzim merupakan proses pengawetan....
A. pengawetan secara kimiawi C. pengawetan dengan pengeringan
B. pengawetan secara biologis D. pengawetan dengan suhu tinggi

40. Proses pengawetan dengan suhu rendah terdiri dari 2 macam pendinginan dan pembekuan yaitu dengan suhu antara....
A. -15°C hingga +10°C C. -20°C hingga +20°C
B. -30°C hingga +10°C D. -20°C hingga +10°C


II. Uraian

41. Tuliskan Penggolongan hasil limbah keras yang sanggup dijadikan materi baku produk kerajinan dilihat dari kondisi wilayahnya.
a. Daerah pesisir pantai/laut c. Daerah pertanian
b. Daerah pegunungan d. Daerah perkotaan

42. Saurip hidup didekat pesisir pantai karang song di Indramayu, suatu hari ia mendapat kiprah dari gurunya untuk menciptakan sebuah kerajinan dari materi limbah keras organik, Saurip menyiapkan peralatan untuk menciptakan kerajinan tersebut ibarat tang lancip, panci, spatula dan kompor, materi limbah keras organik apa yang akan di buat Saurip untuk menciptakan kerajinan tersebut ?
43. Tuliskan produk pangan setengah jadi bentuk pipih tebal atau tipis dari umbi?
44. Teknik dasar pengolahan materi pangan/makanan dibedakan menjadi dua yaitu....
45. Tuliskan bahan-bahan untuk menciptakan Sambal Glandir Asam ?

Soal PAT Prakarya Kelas 8 Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2018/2019 d0wnl0ad di sini 

Kunci Jawaban PAT Prakarya Kelas 8 Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2018/2019 d0wnl0ad di sini 


Courtesy : 
Guru-guru MGMP Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Indramayu Seluruh Mata Pelajaran

Sumber http://www.didno76.com