Soal PAT Bahasa Indonesia Kelas 7 Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2018/2019 |
Soal dan Kunci Jawaban PAT Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Kurikulum 2013 – Penilaian Akhir Tahun (PAT) pada kurikulum 2013 atau Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) pada kurikulum 2006 hari ini Senin 13 Mei 2019 gres saja dilaksanakan dengan mata pelajaran yang diujikan yakni Bahasa Indonesia dan Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti atau sesuai dengan agama yang dianut penerima didik masing-masing.
Pada kesempatan ini kami membuatkan soal PAT Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Kurikulum 2013 tahun pelajaran 2018/2019 beserta kunci jawaban yang mudah-mudahan bermanfaat bagi penerima didik untuk penilaian diri, dan bapak atau ibu guru untuk analisis soal sehabis PAT.
Berikut Soal dan Kunci Jawaban PAT Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Kurikulum 2013 :
I. Pilihlah jawaban yang paling tepat.1. Cermati teks berikut!
2. Cermati teks berikut!
(1) Jika kita makan petai
Jangan lupa makan kerupuk
Jika kita ingin pandai
Ranjin-rajinlah membaca buku
(2) Siapa menggemari silang sengketa
Kelaknya niscaya berduka cita
(3) Janganlah engkau berbuat maksiat
Janganlah engkau berbuat jahat
Segeralah engkau bertaubat
Agar selamat dunia akhirat
(4) Barang sipa meninggalkan zakat
Tiadalah hartanya yang beroleh berkat
Puisi yang termasuk gurindam ditandai dengan nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)
3. Cermati teks berikut!
(1) Burung dara jatuh dari sarangnya
(2) Ikan lele tak punya sisik
(3) Jika kau ikhlas mencintainya
(4) Jagalah ia dengan baik
Larik isi pada pantun tersebut ditandai nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (4) dan (1)
4. Cermati teks berikut!
5. Cermati teks berikut!
Persamaan kedua puisi rakyat tersebut yakni keduanya mempunyai ....
A. sajak berpola A-A-A-A
B. empat larik dalam satu bait
C. larik yang semuanya merupakan isi
D. dua sampiran dalam satu bait
Cermati teks berikut untuk menjawab soal nomor 6 dan 7!
Lelah diri mengikuti syahwat
Jalani hidup semakin berat
Jiwa semakin tak terawat
Kian hari hati pun berkarat
6. Kata berima pada syair tersebut yakni ....
A. lelah, mengikuti, hidup, syahwat
B. kian, semakin, berkarat, berat
C. jalani, semakin, terawat, hati
D. syahwat, berat, terawat, bekarat
7. Makna kata bergaris bawah pada syair tersebut yakni ....
A. tak terkendali
B. baik hati
C. gampang tersentuh
D. menjadi luluh
Cermati teks berikut untuk menjawab soal nomor 8 dan 9!
(1) Hari ahad pergi ke pasar
(2) Beli sayur dan juga beras
(3) Tiap hari rajinlah kau belajar
(4) Pastilah kau menjadi cerdas
8. Pernyataan sempurna sesuai dengan struktur makna antarlarik pantun tersebut yakni ....
A. Larik 1 dan 2 dengan larik 3 dan 4 tidak ada korelasi makna.
B. Larik 1 dan 2 mempunyai korelasi pertentangan.
C. Larik 3 dan 4 mengungkapkan sebuah permohonan.
D. Larik 4 dan 1 merupakan kalimat majemuk.
9. Kalimat berisi undangan pada syair tersebut terdapat pada larik bernomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
10. Cermati teks berikut!
Orang jahat banyak masalah
Orang baik banyak anugerah
Struktur makna antarlarik gurindam tersebut yakni ....
A. kedua larik tidak mempunyai korelasi makna
B. larik 1 merupakan pengantar menuju larik 2
C. kedua larik mempunyai korelasi pertentangan
D. larik 1 merupakan syarat menuju larik 2
Cermati teks berikut untuk menjawab pertanyaan soal nomor 11 dan 12!
(1) Meski sudah uzur, Rahman masih gesit dan cekatan.
(2) Aktivitas lelaki ini memang sangat luar bisa.
(3) Begitu bangun pagi, ia sudah memikul cangkul menuju sawahnya
(4) Ia harus mengayunkan cangkulnya untuk membongkar tanah yang mengeras.
11. Kalimat yang berisi kata penghubung tujuan ditandai nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
12. Kalimat tunggal pada teks tersebut yakni ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
Cermati teks berikut untuk menjawab soal nomor 13, 14, dan 15!
Pada suatu hari si Rusa berjalan-jalan di pinggir danau. Ia bertemu dengan Kura-kura yang terlihat hanya mondar-mandir saja.
"Kura-kura, apa yang sedang engkau lakukan di sini?" tanya si Rusa.
"Aku sedang mencari sumber penghidupan," jawab si Kura-kura.
"Jangan berlagak engkau, hei Kura-kura! Engkau hanya mondar-mandir saja namun berlagak tengah mencari sumber penghidupan!"
Si Kura-kura berusaha menjelaskan, namun si Rusa tetap marah. Bahkan, si Rusa mengancam akan menginjak badan si Kura-kura. Si Kura-kura yang jengkel hasilnya menantang untuk mengadu kekuatan betis kaki.
Si Rusa sangat murka mendengar tantangan si Kura-kura untuk mengadu betis. Ia pun meminta biar si Kura-kura menendang betisnya terlebih dahulu.
"Tendanglah sekeras-kerasnya, semampu yang engkau bisa lakukan!" tantang si Rusa.
"Jika saya menendang betismu, engkau akan jatuh dan tidak bisa membalas menendangku," balas si Kura-kura.
Si Rusa kian murka mendengar ucapan si Kura-kura. Ia pun menendang dengan kaki depannya sekuat-kuatnya.
....
Si kura-kura bersiaga dan mengambil ancang-ancang di daerah tinggi. Ia kemudian menggelindingkan tubuhnya. Ketika hampir datang di dekat badan si Rusa, ia pun menaikkan tubuhnya hingga tubuhnya melayang. Si Kura-kura mengincar hidung si rusa. Begitu kerasnya tempurung si kura-kura mengena hingga hidung si Rusa putus.
13.Alasan yang sempurna bahwa teks tersebut termasuk fabel yakni ....
A. berlatar daerah perkotaan
B. tidak menggunakan kalimat langsung
C. tokoh-tokohnya merupakan binatang
D. hanya bertujuan menghibur pembaca
14.Peristiwa yang memberikan konflik pada kutipan fabel tersebut yakni ...
A. Si Rusa dan si Kura-kura terlibat pertarungan mengadu betis.
B. Si Rusa murka lantaran tersinggung dengan jawaban si Kura-kura.
C. Si Kura-kura tidak mau melayani tantangan si Rusa.
D. Si Kura-kura berhasil mematahkan hidung si Rusa.
15. Peristiwa yang memberikan penyebab terjadi konflik pada kutipan fabel tersebut yakni ...
A. Si Rusa dan si Kura-kura terlibat pertarungan mengadu betis.
B. Si Rusa murka lantaran tersinggung dengan jawaban si Kura-kura.
C. Si Kura-kura tidak mau melayani tantangan si Rusa.
D. Si Kura-kura berhasil mematahkan hidung si Rusa.
16. Peristiwa yang memberikan akhir terjadi konflik pada kutipan fabel tersebut yakni ...
A. Si Rusa dan si Kura-kura terlibat pertarungan mengadu betis.
B. Si Rusa murka lantaran tersinggung dengan jawaban si Kura-kura.
C. Si Kura-kura tidak mau melayani tantangan si Rusa.
D. Si Kura-kura berhasil mematahkan hidung si Rusa.
Cermati bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 17, 18, dan 19!
Singa dan Seekor Tikus
Seekor singa sedang tidur dengan lelap di dalam hutan, dengan kepalanya yang besar bersandar pada telapak kakinya. Seekor tikus kecil secara tidak sengaja berjalan di dekatnya, dan sehabis tikus itu sadar bahwa ia berjalan di depan seekor singa yang tertidur, sang Tikus menjadi ketakutan dan berlari dengan cepat, tetapi lantaran ketakutan, sang Tikus malah berlari di atas hidung sang Singa yang sedang tidur.
Sang Singa menjadi terbangun dan dengan sangat murka menangkap makhluk kecil itu dengan cakarnya yang sangat besar.
"Ampuni saya!" kata sang Tikus. "Tolong lepaskan saya dan suatu ketika nanti saya akan membalas kebaikanmu."
Singa menjadi tertawa dan merasa lucu ketika berpikir bahwa seekor tikus kecil akan sanggup membantunya. Tetapi dengan baik hati, hasilnya singa tersebut melepaskan tikus kecil itu.
Suatu hari, ketika sang Singa mengintai mangsanya di dalam hutan, sang Singa tertangkap oleh jala yang ditebarkan oleh pemburu. Karena tidak sanggup membebaskan dirinya sendiri, sang Singa mengaum dengan murka ke seluruh hutan. Saat itu sang Tikus yang pernah dilepaskannya mendengarkan auman itu dan dengan cepat menuju ke arah di mana sang Singa terjerat pada jala. Sang Tikus kemudian menemukan sang Singa yang meronta-ronta berusaha membebaskan diri dari jala yang menjeratnya.
Sang Tikus kemudian berlari ke tali besar yang menahan jala tersebut, ia kemudian menggigit tali tersebut hingga putus hingga hasilnya sang Singa sanggup dibebaskan.
"Kamu tertawa ketika saya berkata akan membalas perbuatan baikmu," kata sang Tikus. "Sekarang kau lihat bahwa walaupun kecil, seekor tikus sanggup juga menolong seekor singa."
17. Tahapan komplikasi pada kutipan fabel tersebut ditandai nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
18.Tahapan koda pada kutipan fabel tersebut ditandai nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
19.Variasi pengungkapan pada penggalan orientasi (pengenalan) pada kutipan fabel tersebut yakni ....
A. diawali dengan deskripsi latar waktu
B. diawali dengan deskripsi latar masa lalu
C. diawali dengan kegiatan tokoh
D. diawali dengan deskripsi latar suasana
20. Pola pengembangan judul pada kutipan fabel tersebut yakni ....
A. judul dikembangkan berdasarkan latar cerita
B. judul berasal dari nama tokoh
C. judul dikembangkan berdasarkan sifat tokoh
D. judul diambil dari tema
21. Cermati teks berikut!
(1) Sang mentari menampakkan diri dengan senyum terindahnya. Nuri bersama sahabat-sahabatnya bernyanyi riang. (2) Sementara Katak Putih bertepuk tangan dengan ceria. (3) Sudah populer di seluruh hutan bahwa si Nuri dan si Katak Putih bersahabat karib. (4) Saling menopang dan saling menolong dalam suka dan duka.
Cuplikan dongeng fabel tersebut memberikan kejadian pada siang hari. Kalimat yang berisi latar waktu siang hari ditandai nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
Cermati teks berikut untuk menjawab soal 22 dan 23!
22. Perbedaan pengembangan tabiat tokoh pada kedua cuplikan fabel tersebut yakni tabiat tokoh diketahui melalui ....
23. Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua cuplikan fabel tersebut yakni ....
24.Cermati teks berikut!
Musim panas yang membuatnya(1) ceria sudah akan berganti(2) ke trend dingin, di mana hujan(3) akan turun dengan lebat(4) disertai suhu udara yang sangat rendah(5).
Kata sifat pada kalimat tersebut ditandai nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (4) dan (5)
Cermati teks berikut untuk menjawab soal nomor 25 dan 26!
(1) Merpati merasa jatah jagungnya lebih sedikit dibandingkan dengan Tekukur. (2) Merpati menganggap pemiliknya sudah tak menyayanginya lagi. (3) “Oh, ternyata pemilikku lebih sayang Tekukur,” keluh Merpati. (4) Didalam kandangnya ia selalu murung.
25. Kalimat yang berisi kata seru ditandai nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
26. Penulisan kata depan yang salah terdapat pada kalimat bernomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
27. Cermati teks berikut!
....
Rencananya, liburan saya akan main ke Indramayu dan berharap kita bisa bermain bersama dengan teman-teman sekelas. Aku juga sudah kangen kuliner ibumu, pindang gombyang. Oh ya, sekian dulu surat dariku. Aku sangat berharap jawaban darimu. Terima kasih dan hingga jumpa.
....
Teks tersebut termasuk cuplikan surat pribadi lantaran ....
A. berkaitan dengan duduk masalah kedinasan
B. berkaitan dengan keperluan yang bersifat resmi
C. melibatkan instansi tertentu
D. ditulis oleh seseorang atas nama individu
28. Cermati teks berikut!
Kepada
Yth. Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga
Kabupaten Indramayu
Dengan hormat,
Kami beritahukan bahwa dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, Sekolah Menengah Pertama Wiralodra menyelenggarakan lomba futsal tingkat SD se-Kabupaten Indramayu. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada
....
Teks tersebut termasuk cuplikan surat dinas lantaran ....
A. berkaitan dengan duduk masalah kedinasan
B. berkaitan dengan keperluan yang bersifat pribadi
C. menggunakan bahasa yang akrab
D. ditulis oleh seseorang atas nama individu
Cermati teks berikut untuk menjawab soal nomor 29 dan 30!
29. Perbedaan isi kedua cuplikan surat pribadi tersebut yakni ....
30.Persamaan penggunaan bahasa yang dipakai kedua cuplikan surat pribadi tersebut yakni ....
A. menggunakan bahasa formal
B. terdapat pribahasa
C. terdapat kata-kata asing
D. menggunakan ungkapan perasaan
31.Cermati penulisan alamat tujuan surat berikut!
(1) YTH Ibu Kepala Sekolah Sekolah Menengah Pertama Wiralodra
di Indramayu
(2) yth. Kepala Sekolah Sekolah Menengah Pertama Wiralodra
di Indramayu
(3) Yth Ibu Kepala Sekolah Menengah Pertama Wiralodra
di Indramayu
(4) Yth. Kepala Sekolah Menengah Pertama Wiralodra
di Indramayu
Penulisan alamat tujuan surat yang sempurna ditandai nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
32. Cermati penulisan teks berikut!
(1) Sehubungan dengan rencana pelaksanaan Pentas Seni Sekolah Menengah Pertama Wiralodra 2018, kami mengharap kehadiran Ibu pada hari, tanggal : Sabtu, 25 Agustus 2018
Pukul : 08.00 s.d. 10.00
Tempat : Aula Sekolah Menengah Pertama Wiralodra
acara : Persiapan Pentas Seni
(2) Sehubungan dengan rencana pelaksanaan Pentas Seni Sekolah Menengah Pertama Wiralodra 2018, kami mengharap kehadiran Ibu pada:
hari, tanggal : Sabtu, 25 Agustus 2018
Pukul : 08.00 s.d. 10.00
Tempat : Aula Sekolah Menengah Pertama Wiralodra
acara : Persiapan Pentas Seni
(3) Sehubungan dengan rencana pelaksanaan Pentas Seni Sekolah Menengah Pertama Wiralodra 2018, kami mengharap kehadiran Ibu pada
Hari, Tanggal : Sabtu, 25 Agustus 2018
Pukul : 08.00 s.d. 10.00
Tempat : Aula Sekolah Menengah Pertama Wiralodra
Acara : Persiapan Pentas Seni
(4) Sehubungan dengan rencana pelaksanaan Pentas Seni Sekolah Menengah Pertama Wiralodra 2018, kami mengharap kehadiran Ibu pada,
Hari, tanggal : Sabtu, 25 Agustus 2018
Pukul : 08.00 s.d. 10.00
Tempat : Aula Sekolah Menengah Pertama Wiralodra
Acara : Persiapan Pentas Seni
Penulisan kalimat rincian yang sempurna pada cuplikan surat tersebut ditandai nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
33. Cermati teks berikut!
(1) Akhir tahun ini Nanda tidak bisa pulang, Bu. (2) Hal ini disebabkan ada proyek di Kalimantan. (3) Nanda mohon maaf tidak bisa menemani Ibu pergi berlibur ke rumah nenek di Sukabumi. (4) Tapi, Ibu jangan khawatir. (5) Setelah proyek ini Nanda akan mendapat cuti panjang.
Kata keterangan daerah pada cuplikan surat tersebut ditandai nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (4) dan (5)
34. Cermati kalimat-kalimat berikut!
(1) Mohon doa Ayah dan Ibu biar saya bisa lulus dengan predikat yang memuaskan.
(2) Bu Vivi, impian saya menjadi pendidik sudah terwujud, yaitu menjadi guru di Sekolah Menengah Pertama Wiralodra.
(3) Atas perhatian dan kolaborasi Bapak, saya memberikan terima kasih.
(4) Sahabatku yang baik, semua yang saya miliki kini ini tidak lepas dari proteksi dan doamu.
Kalimat yang berisi kata yang bersinonim ditandai nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
Cermati teks berikut untuk menjawab soal nomor 35 dan 36!
35. Perbedaan jenis dan isi kedua teks tersebut yang sempurna yakni ..
36. Perbedaan penggunaan bahasa kedua teks tersebut yakni ....
Cermati teks berikut untuk menjawab soal nomor 37 dan 38!
(1) "Ya, tetapi saya lebih suka naik bendi daripada berjalan kaki, lantaran saya amat lelah rasanya dan hari amat panas. (2) Lihatlah mukamu, telah merah sebagai jambu air, kena panas matahari!" jawab anak pria itu, seolah-olah merengut.
(3) "Benar hari panas, tetapi tak mengapa. (4) Kaulihat sendiri, saya ada membawa payung yang boleh kita pakai bersama-sama.
37.Kalimat yang berisi majas perbandingan (membandingkan satu hal dengan hal lainnya) pada kutipan tersebut ditandai nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
38. Hal unik, yaitu sesuatu yang ketika ini sudah jarang kita temukan dalam kehidupan sehari-hari terdapat pada kalimat bernomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
Cermati teks berikut untuk menjawab soal nomor 38 dan 39!
Di rumah Yuli yang nyaman, Ira, Agnes, Marta serius mengerjakan latihan matematika.
Suasana hening. Tapi, keheningan itu tiba-tiba dipecahkan oleh lagu, "Sepasang mata bola ... dari balik jendela ...."
Anak-anak itu menoleh ke depan. Jantung Ira berdebar-debar. Suara itu amat dikenalnya dan sosok badan yang gemuk pendek itu juga tak ajaib baginya.
"Huh, orang lagi asyik belajar. Mengganggu saja!" gerutu Marta.
"Sudah tua, masih mengamen. Lagunya lagu keroncong lagi. Bilang saja maaf, tidak ada uang kecil. Kamu saja yang ke depan, Agnes!" tambah Yuli.
Sejenak Ira ragu-ragu. Apakah sebaiknya ia akal-akalan tidak mengenal mbahnya? Namun, Mbah sudah berkorban banyak untuknya. Dan Mbah selalu mengajarnya untuk berani menghadapi kenyataan.
Agnes belum lagi bangkit, Ira sudah menghambur ke depan. Kawan-kawan mengira Ira mau menyuruh pengamen itu pergi.
Namun, Ira membuka pintu gerbang dan berkata, "Mbah, ini rumah Yuli. Mbah mau minum dulu?"
Ketiga anak lainnya berdiri di ambang pintu, melihat dengan heran.
"Kawan-kawan, perkenalkan, ini nenekku!" kata Ira.
39. Tokoh yang paling disukai dengan alasan yang sempurna pada cuplikan cerpen tersebut yakni ....
A. Marta, menyediakan daerah belajar
B. Agnes, selalu siap membantu
C. Yuli, sangat serius belajar
D. Ira, berani menghadapi kenyataan
40. Judul yang sesuai dengan cuplikan cerpen tersebut yakni ....
A. Pengamen Itu Nenekku
B. Lagu untuk Nenekku
C. Belajar untuk Masa Depan
D. Arti Sebuah Persahabatan
II SOAL URAIAN
Petunjuk Khusus:
1. Jawablah soal-soal dengan kalimat yang singkat dan jelas!
2. Tulislah jawaban dengan menggunakan bolpoin (bukan pensil)!
41. Cermati obrolan berikut!
(1) saya dengar ada pertemuan para burung di balai. apa kau tidak ke sana tanya zenk serigala.
(2) tentu saja saya harus ke sana. kenapa pula saya hingga tidak tahu ujar bu mural tanpa rasa curiga.
Tulislah kembali cuplikan tersebut dengan penulisan abjad kapital dan tanda baca yang tepat!
42. Cermati teks berikut!
“Kena kau! Kau tidak bisa lari dariku, Ayam! Ha ha ha ...,” teriak Serigala kegirangan.
“Tunggu! Agar dagingku terasa lebih lezat, sebaiknya kau berdoa terlebih dahulu!” ujar Ayam meyakinkan.
Mendengar ucapan Ayam, Serigala pun menunda keinginannya untuk melahap Ayam.
“Berdoa? Bagaimana caranya? Ayo, cepat beritahu aku!” tanya Serigala.
“Aku pernah melihat insan yang sedang berdoa. Ketika mereka akan berdoa, mereka biasanya melipat tangannya di dada,” terperinci Ayam.
Serigala pun menuruti yang dikatakan Ayam. Serigala segera melipat kedua tangannya di dada.
“Selain melipat kedua tangannya, insan juga menutup matanya ketika berdoa,” lanjut Ayam.
Serigala pun menuruti perkataan Ayam. Dengan semangat, Serigala pun menutup kedua matanya.
Pada ketika Serigala melipat kedua tangan dan menutup kedua matanya, dengan sangat cepat Ayam segera terbang dan melarikan diri.
Serigala yang tak menyadari tipuan Ayam segera membuka kedua matanya dan tak sabar untuk segera melahap mangsanya. Namun, ia sangat terkejut dan terbengong-bengong melihat Ayam sudah tak ada lagi di hadapannya.
Jelaskan tabiat kedua tokoh pada cuplikan fabel tersebut! Berilah alasan/bukti yang mendukung jawabanmu dengan singkat!
43. Cermati cuplikan surat dinas berikut!
Sebutkan empat penggalan surat dinas yang telah ditandai pada cuplikan surat tersebut! Jelaskan bagian-bagian tersebut secara singkat!
44. Cermati cuplikan surat pribadi berikut!
Sudah hampir satu tahun kita nggak ketemu. Di sini saya sangat ngerinduin kamu, Dik. Semester ini saya sedang ngerjain skripsi. Doain Kakak, ya.
Carilah empat kata tidak baku pada cuplikan surat pribadi tersebut! Perbaikilah kata-kata tersebut menjadi kata baku!
45. Bacalah pantun rumpang berikut!
Menjamu tamu menggunakan ...(1)
Tamu dijamu camilan bagus putu
Apa guna berparas ...(2)
Kalau lupa shalat lima waktu
Sebelum pergi jangan lupa makan
Agar hari tidak penuh ...(3)
Terimakasih telah diingatkan
Tak akan lupa waktu ...(4)
Lengkapi penggalan rumpang dengan kata yang sempurna sehingga menjadi pantun yang padu!
Silakan unduh Soal PAT Bahasa Indonesia Kelas 7 Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2018/2019 di sini
Silakan unduh Kunci Jawaban PAT Bahasa Indonesia Kelas 7 Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2018/2019 di sini
Courtesy :
Guru-guru MGMP Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Indramayu Seluruh Mata Pelajaran