Friday, December 15, 2017

√ Soal Dan Kunci Balasan Buku Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1

Soal dan Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas  √ Soal dan Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1

Soal dan Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1 - Pada kesempatan ini sanjayaops akan membahas soal latihan yang ada pada buku siswa kelas 5 tema 7 subtema 1 pembelajaran 1.

Buku siswa kelas 5 tema 7 kurikulum 2013 yang digunakan untuk membuat daftar kunci balasan ini merupakan buku tematik yang ketika ini digunakan sebagai sumber berguru bagi sekolah-sekolah yang menerapkan k13.

Jadi, kunci balasan yang kami sediakan disini sanggup dijadikan sebagai refrensi ataupun sebagai bentuk penilaian dari acara pembelajaran atau penyelesaian soal yang sudah dilakukan di kelas.

Soal penilaian kelas 5 tema insiden dalam kehidupan subtema insiden kebangsaan masa penjajahan terdapat pada halaman 1, 2, 6, 7, 8, 9, 13, 14, 15, dan 16.

Baca juga : Soal dan Kunci Jawaban Buku Tema 6 Kelas 5 Subtema 2 PB 5

Soal dan kunci balasan tema 7 kelas 5 SD subtema 1 pembelajaran 1 terdiri dari soal dan kunci balasan muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Bahasa Indonesia, dan ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

Berikut ini latihan soal kelas 5 tema 7 lengkap dalam setiap pembelajaran pada subtema 1 yang sudah dilengkapi dengan kunci balasan dan pembahasan serta tersedia juga materi pembelajarannya.

Soal dan Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 7 Halaman 1

Banyak insiden dalam kehidupan. Ada insiden pribadi, insiden keluarga, insiden masyarakat, bahkan ada juga insiden yang dialami oleh bangsa dan negara.

Peristiwa sanggup dibedakan menjadi dua macam. Pertama, insiden yang menyenangkan (peristiwa yang membuat kita senang). Kedua, insiden yang tidak menyenangkan (peristiwa yang membuat kita sedih).

Amati gambar-gambar berikut!

Berikan tanda centang (v) pada insiden menyenangkan.
Berikan tanda silang (x) pada insiden tidak menyenangkan.

Soal dan Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas  √ Soal dan Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1

Baca juga : Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 7 Halaman 8


Soal TM 7 Kls 5 Sub 1 Pembelajaran 1 Halaman 2

Rempah-rempah begitu melimpah di bumi Indonesia. Melimpahnya rempah-rempah sanggup meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Namun, rempah-rempah yang begitu melimpah juga membuat bangsa-bangsa di Eropa berusaha untuk menguasai perdagangannya.
  1. Mengapa bangsa Eropa berhasrat memonopoli perdagangan rempah-rempah?
  2. Seberapa tinggikah nilai hemat rempah-rempah di mata bangsa-bangsa Eropa?
  3. Apa relasi rempah-rempah dan penjajahan di Indonesia?

Kunci Jawaban Soal TM 7 Kls 5 Halaman 2

  1. Bangsa eropa berhasrat memonopoli perdagangan rempah-rempah alasannya yaitu rempah-rempah di Indonesia yang melimpah.
  2. Nilai hemat rempah-rempah di mata bangsa-bangsa eropa sangat mahal menyerupai harga emas.
  3. Dengan adanya rempah-rempah yang melimpah membuat bangsa eropa yang tiba ke Indonesia ingin memonopoli perdagangan rempah-rempah, oleh alasannya yaitu itu terjadi perlawanan oleh rakyat yang mengakibatkan terjadinya penjajahan di Indonesia.

Baca Juga : Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 7 Halaman 5 dan 7

Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat 

Mulai selesai era XV, bangsa Eropa berusaha melaksanakan penjelajahan samudra. Bangsa Eropa yang pernah melaksanakan penjelajahan dan penjajahan di Indonesia dimulai oleh bangsa Portugis.

Kapal mereka pertama kali mendarat di Malaka pada tahun 1511. Berikutnya ialah bangsa Spanyol yang mendarat di Tidore, Maluku pada tahun 1521.

Kemudian, disusul oleh bangsa Inggris dan Belanda. Kapal-kapal Belanda pertama kali mendarat di Pelabuhan Banten pada tahun 1596.

Faktor-faktor pendorong penjelajahan samudra 

Adanya impian mencari kekayaan (gold)

Kekayaan yang mereka cari terutama yaitu rempah-rempah. Sekitar era XV di Eropa, harga rempah-rempah sangat mahal.

Harga rempah-rempah semahal emas (gold). Mereka sangat membutuhkan rempah-rempah untuk industri obat-obatan dan bumbu masak.

Adanya impian mengembangkan agama (gospel

Selain mencari kekayaan dan tanah jajahan, bangsa Eropa juga membawa misi khusus. Misi khusus tersebut yaitu mengembangkan agama kepada penduduk kawasan yang dikuasainya.

Tugas mereka ini dianggap sebagai kiprah suci yang harus dilaksanakan ke seluruh dunia dan dipelopori oleh bangsa Portugis.

Adanya impian mencari kejayaan (glory

Di Eropa, ada suatu anggapan bahwa apabila suatu negara mempunyai banyak tanah jajahan, negara tersebut termasuk negara yang jaya (glory).

Dengan adanya anggapan ini, negaranegara Eropa berlomba-lomba untuk mencari tanah jajahan sebanyak-banyak nya.

Baca juga :

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang pesat. Contohnya menyerupai berikut.
  1. Dikembangkannya teknik pembuatan kapal yang sanggup digunakan untuk mengarungi samudra luas.
  2. Ditemukannya mesiu untuk persenjataan. Senjata sanggup digunakan untuk melindungi pelayaran dari bahaya bajak maritim dan sebagainya.
  3. Ditemukannya kompas. Kompas digunakan sebagai penunjuk arah sehingga para penjelajah tidak lagi bergantung pada kebiasaan alam. Untuk memilih arah, biasanya mereka berpedoman pada bintang sehingga kalau angkasa tertutup awan, mereka tidak sanggup meneruskan pelayarannya. Dengan kompas, mereka bebas berlayar ke arah manapun tanpa gangguan, baik siang maupun malam.

Soal dan Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas  √ Soal dan Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1

Soal Halaman 6 Buku Siswa Kelas 5 Tema 7

  1. Siapa yang dimaksud dengan bangsa Barat?
  2. Apa faktor yang melatarbelakangi bangsa Barat melaksanakan penjajahan di Indonesia?
  3. Kapan bangsa Barat mulai melaksanakan penjelajahan samudra?
  4. Di mana bangsa Barat pertama kali mendarat di Indonesia?
  5. Mengapa bangsa Barat melaksanakan penjelajahan samudra?
  6. Bagaimana kondisi rakyat yang mengalami penjajahan?

Baca juga : Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 7 Halaman 9 dan 11

Kunci Jawaban Soal Tema 7 Kelas 5 Halaman 7

  1. Bangsa barat yaitu bangsa yang berasal dari benua eropa
  2. Adanya impian mencari kekayaan (gold), kejayaan (glory) dan impian mengembangkan agama (gospel).
  3. Mulai selesai era XV
  4. Bangsa barat pertama kali mendarat di malaka
  5. Bangsa barat ingin mendapat rempah-rempah dengan harga yang murah.
  6. Penjajahan menyengsarakan kehidupan rakyat.

Soal Kelas 5 Tema 7 Halaman 7

Diskusikan teks Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat dengan teman sebangkumu. Kemudian, buatlah ulasan mengenai bacaan tersebut menyerupai berikut.


Soal dan Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas  √ Soal dan Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1

Kunci Jawaban Soal Tema 7 Kelas 5 Halaman 7

Judul Teks

Peristiwa kedatangan bangsa barat

Bagian yang paling menarik

Kekayaan yang mereka cari yaitu rempah-rempah, harga rempah-rempah ketika itu sangat mahal menyerupai harga emas.

Informasi Penting

  • Adanya impian mencari kekayaan (gold)
  • Adanya impian mengembangkan agama (gospel)
  • Adanya impian mencari kejayaan (glory)
  • Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Pendapat saya wacana teks ini

Teks wacana insiden kedatangan bangsa barat sangat bermanfaat untuk menambah wawasan wacana sejarah bangsa indonesia.

Saya menyarankan teks ini karena

Teks wacana insiden kedatangan bangsa barat berisi wacana informasi yang sanggup menambah ilmu pengetahuan wacana sejarah bangsa Indonesia.

Soal Tematik Kelas 5 Tema 7 Halaman 9

Salah satu latar belakang kedatangan bangsa-bangsa Eropa ke Indonesia yaitu Semboyan 3G (Gold, Gospel, Glory).

Tuliskan kembali arti Gold, Gospel, dan Glory pada kolom berikut!

Soal dan Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas  √ Soal dan Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1

Kunci Jawaban Soal Kelas 5 Tema 7 Halaman 9

Gold ==>Adanya impian mencari kekayaan
Gospel  ==>Adanya impian mengembangkan agama (gospel)
Glory  ==>Adanya impian mencari kejayaan (glory)

Tuliskan Pendapatmu mengenai semboyan 3G tersebut.

Soal dan Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas  √ Soal dan Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1

Kunci Jawaban Soal 3G Halaman 9

Saya tidak baiklah dengan semboyan tersebut karna akhir ketiga semboyan tersebut bagi indonesia yaitu antara lain:
  • Indonesia semakin miskin alasannya yaitu kekayaanya diambil oleh bangsa-bangsa eropa
  • Masuknya agama nasrani mengakibatkan sebagian rakyat indonesia juga menganut agama nasrani
  • Kekuasaan bangsa eropa semakin menjadi-jadi di indonesia,menyebabkan indonesia makin terpuruk, rakyat jadi sengsara,dan bagsa indonesia makin tertindas.

Baca Juga : Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 7 Subtema 1 PB 2

Soal dan Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 8

Bersama kelompokmu, carilah informasi mengenai kedatangan tiap-tiap bangsa Eropa ke Indonesia. Informasi sanggup kau peroleh dari buku, surat kabar, majalah, atau artikel di internet!

Soal dan Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas  √ Soal dan Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1

Sifat-Sifat Benda

Benda-benda yang ada di sekitar kita digolongkan menjadi tiga, yaitu benda padat, cair, dan gas. Ketiganya mempunyai sifat yang berbeda. Mengapa kau perlu mengetahui sifat-sifat benda? Salah satu manfaat mengetahui sifatsifat benda ialah kita akan tahu cara memperlakukan benda-benda yang ada di sekitar kita.

Salah satu wujud benda yaitu padat. Kamu niscaya mempunyai banyak benda di sekitarmu yang berwujud padat. Kamu sanggup memegangnya, sanggup memindahkannya tanpa mengubah bentuk aslinya. Benda padat yang ada di sekitarmu sanggup diubah dengan beberapa perlakukan menyerupai diberi panas, diberi tekanan tinggi, atau diberi perlakuan fisik menyerupai menggunting, menekan, melipat, atau menyobek.

Wujud berikutnya yaitu cair. Benda-benda cair sanggup ditemui dengan gampang di sekitarmu. Air merupakan zat penting dalam kehidupan makhluk hidup yang berwujud cair. Benda cair yang ada di rumahmu biasanya berada dalam sebuah wadah seperi kolam kamar mandi, baskom, gelas, atau ketel air. Perhatikanlah bahwa ketika benda cair itu dipindahkan, ia akan berubah mengikuti wadahnya. Jika wadahnya berlubang, benda cair itu akan segera mengalir ke luar dari wadahnya. Jika kau melihat sungai atau air terjun, air yang ada di dalam tubuh sungai akan mengalir dari sempurna yang lebih tinggi ke tempat yang lebih rendah. Benda cair juga sanggup merambat melalui serat-serat halus dari materi menyerupai materi kain. Benda cair mengisi rongga kecil atau pori-pori materi tersebut.

Wujud benda yang lain yaitu gas. Manusia sanggup memasukkan dan mengeluarkan gas dari dalam tubuhnya pada ketika bernapas. Manusia menghirup gas oksigen dan mengeluarkan gas karbon dioksida. Dengan cara meniup, kau sanggup membuat sebuah balon mengembang. Dengan meniup, kau juga sanggup menggerakkan selembar kertas di tanganmu. Kamu sanggup mencium busuk napasmu sendiri. Kamu pun sanggup mencium bau-bau lainnya yang berupa gas. Dengan memahami sifat gas, insan membuat parfum atau minyak wangi untuk mengembangkan busuk dari gas yang dikeluarkan dari wadah parfum tersebut. Namun, apakah kau sanggup melihat wujud gas dengan mata telanjang? Dapatkah kau mengubah bentuknya?

Percobaan 1 Halaman 12

  • Alat dan Bahan 
  • dua buah pensil
  • penghapus pensil
  • peraut pensil
  • buku catatan

Langkah Kegiatan

  1. Ambillah pensil yang masih utuh. Perhatikan bentuknya dan gambarlah.
  2. Dengan memakai penyerut pensil, rautlah serpihan ujung pensil hingga sanggup digunakan untuk menulis. Perhatikanlah, gambarlah dan bandingkan gambar ini dengan gambar pensil yang utuh sebelumnya.
  3. Ambil penghapus pensil, amati bentuknya dan gambarlah.
  4. Gosokkan penghapus tersebut ke permukaan meja yang rata dan halus selama beberapa saat. Amati bentuknya, terutama pada serpihan yang digosokkan. Gambarlah dan bandingkan dengan gambar sebelumnya.

Soal Tema 7 Kelas 5 SD Halaman 13

  1. Apakah ujung pensil berubah bentuk setelah diraut?
  2. Apakah ujung karet penghapus pensil berubah bentuk setelah digosokkan?
  3. Apakah kesimpulanmu?

Soal dan Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas  √ Soal dan Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1

Kunci Jawaban Soal Tema 7 Kelas 5 Halaman 13

  1. Ya, pensil diraut, maka bentuk ujungnya berubah.
  2. Ya, ujung karet penghapus setelah digunakan berubah.
  3. Bentuk benda padat sanggup berubah kalau mendapat perlakuan tertentu, contohnya ditumbuk, dipotong, atau digosok.

Percobaan 2 Halaman 13

Alat dan Bahan

  • gelas yang diisi air 3/4 tinggi gelas
  • wadah lain yang transparan
  • nampan atau papan kayu

Langkah Kegiatan

  1. Letakkan gelas yang berisi air pada permukaan yang rata. Amati dan gambarlah.
  2. Letakkan gelas tersebut di atas nampan atau papan kayu. Perlahan, miringkan nampan atau papan kayu tersebut dan jagalah jangan hingga isi gelas tumpah. Perhatikan dengan saksama, kemudian gambarlah. Bandingkan dengan gambar sebelumnya.
  3. Pindahkan air di dalam gelas ke dalam wadah yang lain. Perhatikan apa yang terjadi. Gambarlah.
  4. Tuangkan air tersebut ke atas tanah. Perhatikan apa yang terjadi. Catatlah.


Soal Tema 7 Kelas 5 Halaman 14-15

  1. Bagaimana bentuk permukaan air di gelas ketika sebelum dan setelah dimiringkan?
  2. Apakah yang terjadi ketika air dituangkan ke dalam wadah yang lain?
  3. Bagaimana cara air tersebut sanggup mengalir?
  4. Apa yang terjadi ketika air dituang ke atas tanah? Ke manakah air itu mengalir?
  5. Bagaimana cara air tersebut sanggup mengalir?
  6. Apa yang terjadi ketika air dituang ke atas tanah? Ke manakah air itu mengalir?
  7. Apakah kesimpulanmu?
Soal dan Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas  √ Soal dan Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1

Kunci Jawaban Soal Tema 7 Kelas 5 SD Halaman 14-15

  1. Permukaan air datar ketika sebelum dan setelah dimiringkan.
  2. Bentuknya mengikuti wadahnya.
  3. Air mengalir ke tempat yang lebih rendah
  4. Air lama-kelamaan akan habis. mengalir ke tempat yang lebih rendah
  5. Air mengalir ke tempat yang lebih rendah
  6. Air lama-kelamaan akan habis. mengalir ke tempat yang lebih rendah
  7. Benda cair mempunyai sifat tidak tetap, selalu mengikuti bentuk wadahnya, bentuk permukaan yang hening selalu datar, mengalir ke tempat lebih rendah, menekan kesegala arah, dan meresap melalui celah-celah kecil.

Percobaan 3 Halaman 13

Alat dan Bahan

  • gelas plastik
  • ember
  • air
  • buku catatan

Langkah Kegiatan

  1. Isilah ember air hingga 3/4-nya.
  2. Masukkan gelas ke dalam ember dengan posisi menelungkup. Perhatikan apa yang terjadi.
  3. Miringkanlah gelas perlahan-lahan di dalam ember. Amati apa yang keluar dari gelas tersebut.

Soal Tematik Kelas 5 Tema 7 Halaman 16

  1. Apakah yang terjadi pada ketika kau membenamkan gelas tersebut? Mengapa?
  2. Apa yang terjadi pada ketika gelas dimiringkan? Mengapa hal itu terjadi?
  3. Apakah kesimpulanmu dari percobaan ini?

Soal dan Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas  √ Soal dan Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1

Kunci Jawaban Soal Kelas 5 Tema 7 Halaman 6

  1. Gelas akan terangkat ke atas alasannya yaitu di dalam gelas berisi udara
  2. Ketika gelas dimiringkan akan keluar gelembung udara alasannya yaitu didalam gelas berisi udara.
  3. Benda gas bersifat mengisi seluruh ruangan yang ditempatinya, menekan ke segala arah, dan berada di semua tempat.

Soal Nomor 4 Halaman 16

Berdasarkan percobaan di atas, buatlah sebuah laporan percobaan dengan memakai poster. Dalam poster, jelaskan perbedaan sifat ketiga wujud benda tersebut. Lengkapi dengan gambar dan keterangan yang diharapkan untuk menjelaskannya. Presentasikanlah postermu di dalam sebuah acara galeri berjalan dengan percaya diri.
Soal dan Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas  √ Soal dan Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1

Demikian Artikel yang berjudul Soal dan Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1

Terima kasih ya, supaya artikel wacana soal dan kunci balasan tema 7 kelas 5 kurikulum 2013 revisi 2018 ini sanggup memperlihatkan manfaat bagi akseptor didik.

Soal dan kunci balasan yang sudah kau baca di atas juga sudah dilengkapi dengan materi pembelajaran yang sama persis dengan buku tematik tepadu kelas 5 tema 7 Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2017-2018.

Semoga dengan adanya pola soal yang sudah dilengkapi dengan kunci balasan serta pembahasan ini sanggup mempermudah akseptor didik memahami materi pembelajaran dan juga sebagai sumber berguru menghadapi Ulangan Harian, UTS/PAS, UKK, Penilaian Akhir Tahun/Semester.


Sumber http://www.sanjayaops.com