RPP Literasi Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 7 Edisi Revisi Terbaru
Dalam rangka menumbuhkan kebijaksanaan pekerti siswa, pemerintah melalui kemdikbud meluncurkan sebuah gerakan yang disebut Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Gerakan yang bertujuan semoga siswa mempunyai budaya membaca dan menulis sehingga tercipta pembalajaran sepanjang hayat.
Praktik pendidikan perlu mengakibatkan sekolah sebagai organisasi pembelajaran semoga semua warganya tumbuh sebagai pembelajar sepanjang hayat. Untuk mendukungnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membuatkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Sebaga materi pendukung Gerakan Literasi Sekolag (GLS), maka dibutuhkan sebuah rencana yang fundamental yang dilakukan oleh pendidik sebagai bukti awal pelaksanaan gerakan tersebut dengan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) khusus gerakan Literasi sekolah.
Berikut ini yaitu salah satu pola materi yang kami bagikan pada selesai contoh, dan merupakan materi yang terdapat pada tema 7 kelas 4 pada pelaksanaan pembelajaran semester 2, serta perlu diketahui bahwa materi yang kami bagikan merupakan 1 (satu) file dalam 1 (satu) tema apabila di hitung secara keseluruhan materi ini nantinya terdiri dari 29 halaman. Simak sebagian materi tersebut di bawah ini!
RPP Literasi Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 7 Edisi Revisi Terbaru
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan | : ........................................................... |
Kelas/Semester | ; 4 (Empat) / 2 (Dua) |
Tema | : 7. Inhdahnya Keragaman Negeriku |
Sub Tema | : 4. Kegiatan Pembiasaan Literasi |
Pembelajaran ke | : 1 (satu) |
Alokasi Waktu | : 1 hari |
A. MATERI
- Berbicara, membaca dan menulis.
B. KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan fatwa agama yang dianutnya.
- Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, sobat dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya menurut rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terang dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia.
C. KOMPETENSI YANG DINILAI
No | Kompetensi | Keterangan |
1 | Pengetahuan | Memahami teks lisan, tulisan, maupun gambar/visual |
2 | Keterampilan | Kemampuan berbicara, membaca, dan menulis. |
3 | Sikap | Kemandirian dan percaya diri |
D. DISKRIPSI KEGIATAN
Sekolah harus menjalankan aktivitas dengan konsisten semoga kemampuan literasi siswa sanggup berkembang dengan baik. Guru akan membimbing siswanya untuk kegiatan berbahasa lisan, membaca pemahaman, dan menulis.
E. TUJUAN
- Siswa terbiasa membaca, menulis dan berbicara
- Pengetahuan siswa meningkat.
- Siswa gampang dalam memahami teks lisan, tulisan, maupun gambar/visual.
- Siswa menegtahui nama suku, bahasa kawasan dan kegiatan ekonomi masyarakat.
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan Strategi Teknik Metode | : Scientific : Cooperative Learning : Example Non Example : Membaca, menulis, diskusi dan presentasi |
RPP Literasi Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 7 Edisi Revisi Terbaru
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pembukaan | 1. Guru memperlihatkan salam 2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a yaitu siswa siswa yang hari ini tiba paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK). 3. Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap dikala dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita. 4. Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memperlihatkan penguatan wacana pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme. 5. Pembiasaan membaca 15 menit dimulai dengan guru menceritakan wacana kisah masa kecil salah satu tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat , kisah pandangan gres dan motivasi . Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
6. Melakukan komunikasi wacana kehadiran siswa. 7. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan. 8. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak. 9. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini. | 10 menit | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Inti | a. Kegiatan Berbahasa Lisan (15 menit)
b. Kegiatan Membaca Pemahaman (30 menit)
c. Kegiatan Menulis (30 menit)
d. Kegiatan Berbasis Proyek
Siswa melaksanakan wawancara kepada warga sekolah: kepala sekolah, guru, siswa, dan penjaga. Siswa mengajukan pertanyaan-pertanyaan mengenai informasi-informasi berikut.
Dari hasil wawancara, siswa menyusun data sebagai berikut.
| 150 menit | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Penutup |
| 15 menit |
RPP Literasi Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 7 Edisi Revisi Terbar
H. SUMBER DAN MEDIA
- Buku Pedoman Guru Tema 7 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 7 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013,Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
- Software Pengajaran SD/MI untuk kelas 4 semester 2 dari JGC revsi 2017
- Teks dari “Aku Cinta Membaca”
I. PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi penerima didik. Hasil evaluasi dipakai sebagai materi penyusunan laporan kemajuan hasil berguru dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini sanggup dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubrik evaluasi hasil karya atau menyesuaikan dengan guru.
a) Penilaian uji unjuk kerja menyajikan kegiatan adaptasi Literasi:
No | Aspek | Baik Sekali | Baik | Cukup | Perlu Bimbingan |
4 | 3 | 2 | 1 | ||
1 | Pengetahuan | Sangat Memahami teks lisan, tulisan, maupun gambar/visual | Memahami teks lisan, tulisan, maupun gambar/visual | Cukup Memahami teks lisan, tulisan, maupun gambar/visual | Tidak cukup Memahami teks lisan, tulisan, maupun gambar/visual |
4 | Keterampilan | Kemampuan berbicara, membaca, dan menulis Sangat bagus | Kemampuan berbicara, membaca, dan menulis bagus | Kemampuan berbicara, membaca, dan menulis Cukup | Kemampuan berbicara, membaca, dan menulis kurang |
3 | Sikap | Keseluruhan kegiatan dengan Mandiri dan Percaya diri | Sebagian besar kegiatan dengan Mandiri dan Percaya diri | Setengah kegiatan kegiatan dengan Mandiri dan Percaya diri | Sebagaian kecil kegiatan kegiatan dengan Mandiri dan Percaya diri |
Catatan : Centang (√) pada serpihan yang memenuhi kriteria.
Penilaian : (Total nilai/12)x10
Contoh :
= (( 3+4+4)/12)X10
= (11/12)X10
= 9,2
Penilaian Catatan Guru
1. Masalah :……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen Spesial :………….
Baca juga: RPP Literasi Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 6 Edisi Revisi Terbaru
Mengetahui Kepala Sekolah, ........................................... NIP. ....................................................... | ................................, ............................. 2018 Guru Kelas IV, ........................................... NIP. ....................................................... |
RPP Literasi Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 7 Edisi Revisi Terbaru
Link d0wnl0ad: RPP Kurikulum 2013 Kls 4 Sub Literasi Tema 7.docx
Demikian semoga materi RPP Literasi Kurikulum 2013 kelas 4 Tema 7 dapat bermanfaat
Sumber http://fileledukasi.blogspot.com