Friday, December 8, 2017

√ Rpp Gerakan Literasi Sekolah Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 9 Edisi Revisi Terbaru

RPP Literasi Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 9 Edisi Revisi Terbaru

Dalam rangka menumbuhkan kecerdikan pekerti siswa, pemerintah melalui kemdikbud meluncurkan sebuah gerakan yang disebut Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Gerakan yang bertujuan semoga siswa mempunyai budaya membaca dan menulis sehingga tercipta pembalajaran sepanjang hayat. 

Praktik pendidikan perlu mengakibatkan sekolah sebagai organisasi pembelajaran semoga semua warganya tumbuh sebagai pembelajar sepanjang hayat. Untuk mendukungnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membuatkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Sebaga materi pendukung Gerakan Literasi Sekolag (GLS), maka diharapkan sebuah rencana yang fundamental yang dilakukan oleh pendidik sebagai bukti awal pelaksanaan gerakan tersebut dengan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) khusus gerakan Literasi sekolah.
Berikut ini ialah salah satu teladan materi yang kami bagikan pada selesai contoh, dan merupakan materi yang terdapat pada tema 9 Kelas 4 pada pelaksanaan pembelajaran semester 2, serta perlu diketahui bahwa materi yang kami bagikan merupakan 1 (satu) file dalam 1 (satu) tema apabila di hitung secara keseluruhan materi ini nantinya terdiri dari 24 halaman. Simak sebagian materi tersebut di bawah ini!

Ingat !

RPP pada materi ini 1 file 1 tema yang terdiri dari 6 pertemuan; RPP pertemuan 1 hingga dengan pertemuan ke 6.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan
: SD/MI
Kelas / Semester
: 4 (Empat) / 2 (Dua)
Tema
: 9. Kayanya Negeriku
Sub Tema
: 4. Kegiatan Pembiasaan Literasi
Pembelajaran ke
: 1 (Satu)
Alokasi waktu
: 1 Hari

A.     KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan pedoman agama yang dianutnya.
  2. Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya menurut rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terang dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI YANG DINILAI

No
Kompetensi
Keterangan
1
Pengetahuan 
Mengenal banyak sekali pekerjaan
2
Keterampilan
Membuat laporan kegiatan
3
Sikap
Rasa ingintahu, kemandirian dan percaya diri

C.      DISKRIPSIKEGIATAN
  • Kegiatan dimulai dengan memperlihatkan gambar misalnya; kentang yang sanggup menghasilkan listrik. Guru sanggup mengambil gambar dari buku siswa, majalah, koran atau internet apabila memungkinkan.  Pemilihan gambar sanggup diadaptasi dengan kebutuhan dan kondisi sekolah.

D.     TUJUAN
  • Dengan aktivitas berbasis proyek, siswa sanggup mengetahui umbi-umbian yang sanggup menghasilkan listrik.

E.      MATERI
  • Kentang sanggup menghasilkan listrik.

F.      PENDEKATAN & METODE
Pendekatan       : Scientific
Strategi               : Cooperative Learning
Teknik                 : Example Non Example
Metode                : Penugasan, pengamatan, diskusi dan presentasi

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
1.      Guru memperlihatkan salam
2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a ialah siswa siswa yang hari ini tiba paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
3. Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap ketika dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
4. Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memperlihatkan penguatan wacana pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
5.  Pembiasaan membaca 15 menit dimulai dengan guru menceritakan wacana kisah masa kecil salah satu tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat , dongeng ide dan motivasi . Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
·       Apa yang tergambar pada sampul buku.
·       Apa judul buku
·       Kira-kira ini menceritakan wacana apa
·       Pernahkan kau membaca judul buku menyerupai ini
6.      Melakukan komunikasi  wacana kehadiran siswa.
7.     Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
8. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali aktivitas pembelajaran serta menyapa anak.
9.      Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
10 menit
Inti
A. Mengamati dan Mendeskripsikan ( mengamati, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan dalam bentuk laporan tulisan)
  1. Pada awal pembelajaran aktivitas 1: Guru meminta siswa untuk kembali mengingat konsep jenis-jenis sumber energi.
  2. Percobaan Membuat Listrik dari Kentang
Alat dan Bahan:
·      Kentang
·      Lampu LED (lampu bohlam kecil juga bisa)
·      Kabel panjang 1 meter
·      Penjempit buaya
·      Lempengan Tembaga (Cu)
·      Lempengan seng (Zn)
  1. Untuk penganti lempengan dan seng ini sanggup dipakai isi dalam baterai yang biasanya berwarna hitam.
B.  Mempertanyakan dan menganalisis (menanya dan mengasosiasi).
  1. Untuk melengkapi data sebelumnya, siswa mempertanyakan fakta yang diperolehnya, misalnya. :
Ø  Mengapa kentang sanggup menghasilkan listrik?
Ø  Apakah ada materi lain yang sanggup menghasilkan listrik?
C. Menggali Informasi. (Mengamati, menannya, eksplorasi dan asosiasi)
  1. Setelah alat dan materi tersedia, lakukan mekanisme berikut:
o    Tusukan lempengan seng dan tembaga ke dalam kentang dengan jarak 1 cm (jangan disatukan).
o    Jepitkan kabel kepada masing-masing lempeng tersebut dan hubungkan dengan lampu.
o    Lihat nyala lampu yang terjadi.
o    Jika nyala lampu belum kelihatan, coba dibalik. Namun kalau masih belum menyala, sanggup ditambahkan kentang lagi semoga arus listrik yang dihasilkan bertambah besar.
o    Sedangkan untuk menghasilkan energi listrik yang lebih besar sanggup ditempuh dengan merakit kentang.

  1. Selama  kegiatan          berlangsung,  guru  berkeliling      dan      membimbing  kelompok-kelompok yang mengalami kesulitan.
  2. Pada    akhir   kegiatan,         guru    memintamasing-masing            kelompok       untuk mempresentasikan hasil kerjanya.
4.    Guru        juga     meminta         masing-masing kelompok menceritakan     kesulitan-kesulitan yang dihadapi selama membuat percobaan
Catatan:
Guru membuat suasana yang menyenangkan dan penuh keakraban, sehingga setiap siswa merasa senang, tidak tertekan, dan bebas meluapkan ekspresinya selama percakapan

Hasil yang Diharapkan
  1. Siswa mempunyai kepedulian
  2. Siswa memahami sumber energi
  3. Siswa memahami mekanisme percobaan

150 menit
Penutup
  1. Siswa mapu mengemukan hasil berguru hari ini
  2. Guru memperlihatkan penguatan dan kesimpulan
  3. Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan gosip dari siswa lainnya..
  4. Salam dan do’a penutup.

15 menit

H.    SUMBER DAN  MEDIA
  1. Buku Pedoman Guru Tema 9 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 9 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013,Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
  2. Software Pengajaran SD/MI untuk kelas 4 semester 1 dari JGC
  3. Video/slide/gambaran.

I.       PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi akseptor didik. Hasil evaluasi dipakai sebagai materi penyusunan laporan kemajuan hasil berguru dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini sanggup dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubrik evaluasi hasil karya atau menyesuaikan dengan guru.

a)     Rubrik percobaan membuat listrik dari kentang
Dalam rangka menumbuhkan kecerdikan pekerti siswa √ RPP Gerakan Literasi Sekolah Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 9 Edisi Revisi Terbaru

b)     Rubrik Presentasi
Dalam rangka menumbuhkan kecerdikan pekerti siswa √ RPP Gerakan Literasi Sekolah Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 9 Edisi Revisi Terbaru

Penilaian Catatan Guru
1. Masalah                    :……….
2. Ide Baru                    :………..
3. Momen Spesial       :………….



Mengetahui
Kepala Sekolah,



...........................................
NIP. .......................................
Desa kita, ............................. 2018
Guru Kelas IV,



...........................................
NIP. .......................................


Berikut ialah link d0wnl0ad untuk mendapat file RPP Literasi Kelas 4 Semester 2


Demikianlah kiranya uraian materi RPP Gerakan Literasi Sekolah Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 9 Edisi Revisi Terbaru semoga bermanfaat, jangan lupa dibagikan kepada rekan kita yang juga membutuhkan.




Sumber http://fileledukasi.blogspot.com