RPP Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Kelas 4 Tema 6, 7, 8, 9 Kurikulum 2013
RPP Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Kelas 4 Tema 6, 7, 8, 9 Kurikulum 2013 - Secara garis besar bahwa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yakni kegiatan penyusunan sebuah rencana pembelajaran yang dikerjakan sebelum melakukan proses berguru mengajar (dalam dunia pendidikan).
Namun sebelum kami membagikan bahan yang berafiliasi dengan rencana pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Gerakan Literasi Sekolah yang sering disingkat GLS, terlebih dahulu kami paparkan Panduan Gerakan Literasi Sekolah SD sebagai berikut.
Gerakan Literasi Sekolah yang digagas dan dikembangkan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah merupakan kepedulian atas rendahnya kompetensi penerima didik Indonesia dalam bidang matematika, sains, dan membaca. Data penelitian dalam Progress International Reading Literacy Study (PIRLS) tahun 2011 mengatakan bahwa kemampuan siswa Indonesia dalam memahami bacaan berada di bawah rata-rata internasional. Melalui penguatan kompetensi literasi, terutama literasi dasar, penerima didik dibutuhkan sanggup memanfaatkan kanal lebih luas pada pengetahuan supaya rendahnya peringkat kompetensi tersebut sanggup diperbaiki.
RPP Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Kelas 4 Tema 6, 7, 8, 9 Kurikulum 2013 |
Kompetensi literasi dasar (menyimak-berbicara, membaca-menulis, berhitung-memperhitungkan, dan mengamati-menggambar) sudah selayaknya ditanamkan semenjak pendidikan dasar, kemudian dilanjutkan pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi supaya penerima didik sanggup meningkatkan kemampuan untuk mengakses informasi dan pengetahuan. Selain itu, penerima didik bisa membedakan informasi yang bermanfaat dan tidak bermanfaat. Hal itu alasannya yakni literasi mengarahkan seseorang pada kemampuan memahami pesan yang diwujudkan dalam aneka macam bentuk teks (lisan, tulis, visual).
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 ihwal Penumbuhan Budi Pekerti, salah satunya, mengenai kegiatan membaca buku nonpelajaran selama lima belas menit sebelum waktu berguru dimulai. Kegiatan tersebut yakni upaya menumbuhkan kecintaan membaca kepada penerima didik dan pengalaman berguru yang menyenangkan sekaligus merangsang imajinasi. Sebagai salah satu desain induk penumbuhan kebijaksanaan pekerti, Gerakan Literasi Sekolah perlu melibatkan para pemangku kepentingan secara terprogram dengan satu tujuan supaya penerima didik, terutama di tingkat pendidikan dasar, menjadi manusia berbudaya literasi. Untuk itu, perlu diterbitkan buku Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar.
Panduan ini merupakan tumpuan bagi pemangku kepentingan di tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, satuan pendidikan, dan masyarakat dalam melakukan kegiatan literasi yang terintegrasi dan efektif.
Adapun beberapa klarifikasi ihwal gerakan Literasi Sekolah (GLS) adalah:
Pengertian Literasi
Pengertian Literasi Sekolah dalam konteks GLS yakni kemampuan mengakses, memahami, dan memakai sesuatu secara cerdas melalui aneka macam aktivitas, antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara.
Gerakan Literasi Sekolah
GLS merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk menyebabkan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik.
Tujuan
1. Tujuan Umum
Menumbuhkembangkan kebijaksanaan pekerti penerima didik melalui pembudayaan ekosistem literasi sekolah yang diwujudkan dalam Gerakan Literasi Sekolah supaya mereka menjadi pembelajar sepanjang hayat.
2. Tujuan Khusus
- Menumbuhkembangkan budaya literasi di sekolah.
- Meningkatkan kapasitas warga dan lingkungan sekolah supaya literat.
- Menjadikan sekolah sebagai taman berguru yang menyenangkan dan ramah anak supaya warga sekolah bisa mengelola pengetahuan.
- Menjaga keberlanjutan pembelajaran dengan menghadirkan bermacam-macam buku bacaan dan mewadahi aneka macam taktik membaca.
Ruang Lingkup
- Lingkungan fisik sekolah (fasilitas dan sarana prasarana literasi).
- Lingkungan sosial dan afektif (dukungan dan partisipasi aktif seluruh warga sekolah).
- Lingkungan akademik (program literasi yang menumbuhkan minat baca dan menunjang kegiatan pembelajaran di SD).
Sasaran
Sasaran Panduan GLS yakni pendidik, kepala sekolah, dan tenaga kependidikan di SD.
Target Pencapaian Pelaksanaan GLS di SD
GLS di SD membuat ekosistem pendidikan di SD yang literat. Ekosistem pendidikan yang literat yakni lingkungan yang:
- menyenangkan dan ramah penerima didik, sehingga menumbuhkan semangat warganya dalam belajar;
- semua warganya mengatakan empati, peduli, dan menghargai sesama;
- menumbuhkan semangat ingin tahu dan cinta pengetahuan;
- memampukan warganya cakap berkomunikasi dan sanggup berkontribusi kepada lingkungan sosialnya; dan
- mengakomodasi partisipasi seluruh warga sekolah dan lingkungan eksternal SD.
Untuk melengkapi klarifikasi di atas, maka pada pembelajaran Kurikulum 2013 khususnya pada SD telah diterapkan dan masuk pada Subtema di masing-masing tema pada Buku Pegangan Guru dan Siswa. Akhirnya pada kesempatan kali ini juga kami bagikan bahan RPP Gerakan Literasi Sekolah (GLS) SD kelas 4 Semester 2 yang pribadi sanggup did0wnl0ad pada sajian berikut ini:
Demikian dan semoga materi RPP Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Kelas 4 Tema 6, 7, 8, 9 Kurikulum 2013 sanggup dimanfaatkan oleh semua pihak yang membutuhkan dan kebetulan bertepatan pula berkunjung di blog kami ini.
Baca juga: RPP Gerakan Literasi Sekolaj (GLS) Lainnya
bagi rekan yang belum mempunyai file tersebut di atas silahkan dibagikan atau bagikan ulang pada dunia internet dikala ini.
Sumber http://fileledukasi.blogspot.com