Revisi Terbaru RPP K-2013 Kelas 4 Semester 2 Tema 6
Mohon maaf atas kekurangan, kesalahan yang pernah kami perbuat, sebab pada tempo yang kemudian telah kami bagikan Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP) Kelas 4 Semester 2, namun hal itu materi kurang sesuai, sampai alhasil dengan aneka macam pembenahan pada waktu ini gres saja kami bagikan materi yang sama yaitu RPP Kurikulum 2013 Kelas 4 Semester 2 Tema 6 yang telah kami adakan perubahan.
Untuk meyakinkan pengunjung silahkan simak salah satu rujukan di bawah ini, dan perlu diketahui materi ini telah kami kemas dalam 1 (satu) file untuk 1 (satu) tema yang terdiri dari 3 (tiga) subtema.
Revisi Terbaru RPP K-2013 Kelas 4 Semester 2 Tema 6 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan Kelas / Semester Tema Sub Tema Muatan Terpadu Pembelajaran ke Alokasi waktu | : SD / MI : 4 (Empat) 2 (Dua) : 6. Cita-citaku : 1. Aku dan Cita-citaku : Bahasa Indonesia, IPA : 1 (Satu) : 1 hari |
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan anutan agama yang dianutnya.
- Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya menurut rasa ingin tahu perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
BAHASA INDONESIA | |
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi |
3.6 Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisandan tulis dengan tujuan untukkesenangan. | 3.6.1 Mengidentifikasi ciri-ciri puisi dengan benar |
4.6 Melisankan puisi hasil karyapribadi dengan lafal, intonasi,dan ekspresi yang sempurna sebagaibentuk ungkapan diri | 4.6.1 menyimpulkan ciri-ciri puisi beserta memberi rujukan dengan benar dengan bahasanya sendiri |
IPA | |
3.2 Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya. | 3.2.1 mengidentifikasi tahapan-tahapan dalam hidup binatang ( metamorphosis ) |
4.2 Membuat denah siklus hidupbeberapa jenis makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitarnya, dan slogan upaya pelestariannya | 4.2.1 menciptakan denah hidup kucing , ayam dan manusia |
C. TUJUAN
- Melalui acara mengamati dan berdiskusi, siswa bisa mengidentifikasikan ciri-ciri puisi dengan benar.
- Melalui acara menciptakan kesimpulan, siswa sanggup menyajikan hasil pengamatan perihal ciri-ciri puisi secara terperinci.
- Melalui kegiatan melakukan pengamatan, siswa bisa mengidentifikasi siklus makhluk hidup yang ada di sekitarnya dengan baik.
- Melalui acara menyusun gambar tahapan pertumbuhan binatang dan tumbuhan, siswa bisa menciptakan denah siklus makhluk hidup yang ada di sekitarnya dengan benar.
D. MATERI
- Ciri-ciri puisi
- Siklus makhluk hidup
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan Strategi Teknik Metode | : Scientific : Cooperative Learning : Example Non Example : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah |
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pembukaan
1. Guru memperlihatkan salam
2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a ialah siswa siswa yang hari ini tiba paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
3. Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap ketika dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
4. Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memperlihatkan penguatan perihal pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
5. Pembiasaan membaca 15 menit dimulai dengan guru menceritakan perihal kisah masa kecil salah satu tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat , kisah ide dan motivasi . Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
· Apa yang tergambar pada sampul buku. · Apa judul buku · Kira-kira ini menceritakan perihal apa · Pernahkan kau membaca judul buku menyerupai ini |
6. Melakukan komunikasi perihal kehadiran siswa.
7. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
8. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali acara pembelajaran serta menyapa anak.
9. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
Kegiatan inti:
1. Siswa mengamati gambar yang terdapat pada halaman 1 perihal seorang anak yang sedang membayangkan cita-citanya. Dengan bimbingan guru siswa membahas perihal aneka macam pekerjaan yang menjadi impian antara lain menjadi seorang guru, arsitek, dokter hewan, penyanyi, dan pilot.
2. Guru mengaitkan acara ini dengan judul tema Cita-Citaku dan judul Subtema Aku dan Cita-Citaku
3. Guru sanggup memperlihatkan beberapa pertanyaan untuk menstimulus ketertarikan siswa perihal topik Cita-Citaku.
Pertanyaan:
|
4. Siswa mengamati beberapa gambar kegiatan aneka macam profesi. Siswa kemudian mencoba mengidentifikasi keahlian-keahlian yang diperlukan oleh profesi tersebut sesuai dengan bidangnya. Siswa menuliskan keahlian-keahlian tersebut di kolom yang tersedia pada setiap gambar.
5. Siswa kemudian menuliskan pada kolom yang terdapat pada halaman 3 perihal pekerjaan yang menjadi cita-citanya serta menuliskan kegiatan-kegiatan yang dilakukan profesi yang dipilihnya tersebut.
Ayo Membaca
1. Siswa membaca teks puisi berjudul “Cita-citaku”. Dengan bimbingan guru, siswa mencoba mengidentifikasi ciri-ciri puisi. Gurumembimbing siswa untuk berdiskusi dalam kelompok dan memakai pertanyaan-pertanyaan yang disediakan untuk menemukan ciri-ciri puisi.
a. Buatlah kelompok yang terdiri atas 3 – 4 siswa. b. Salah satu anggota kelompok membaca puisi tersebut. Anggota yang lain memperhatikan temannya membaca puisi. c. Perhatikan bagian-bagian yang teks yang dibaca. Diskusikan ciri-ciri dari teks tersebut. Sebagai panduan menemukan ciri-cirinya, kau sanggup menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut. · Apakah kau menemukan bahwa teks tersebut terdiri atas kumpulan kata-kata yang tersusun menjadi baris-baris? · Apakah kau menemukan baris-baris tersebut terkumpul menjadi beberapa bagian? · Tuliskan suara vokal dari kata terakhir setiap baris! · Apakah kau menemukan keteraturan suara vokal kata terakhir dalam setiap baris? d. Tunjukkan keteraturan itu! |
2. Siswa menyajikan hasil pengamatannya dan hasil diskusinya dalam bentuk sebuah kesimpulan perihal ciri-ciri puisi.
3. Kegiatan ini dipakai sebagai acara untuk memahamkan kepada siswa perihal ciri-ciri puisi (Bahasa Indonesia KD 3.6 dan 4.6)
Ciri-ciri puisi ialah sebagai berikut:
.....................................................................................................................
.....................................................................................................................
.....................................................................................................................
.....................................................................................................................
HASIL YANG DIHARAPKAN |
Kecermatan dan ketelitian siswa dalam mengamati tekks puisi, kemampuan dan ketrampilan siswa dalam mengidentifikasi ciri-ciri puisi |
Ayo Berlatih
1. Siswa mengamati bagian-bagian puisi yang terdapat pada halaman 5. Siswa kemudian menuliskan bagian-bagian puisi tersebut menjadi sebuah bait puisi dan menuliskannyapada kolom yang terdapat pada halaman yang sama.
2. Siswa membaca dan memahami teks isu perihal impian mulia menjadi seorang dokter hewan. Dengan bimbingan guru, siswa membahas tentang profesi menjadi seorang dokter binatang serta tugas-tugas seorang dokter hewan.
Guru sanggup memperlihatkan pertanyaan:
- Adakah di antara kalian yang bercita-cita menjadi dokter hewan?
- Apakah kiprah utama seorang dokter hewan?
Ayo Mengamati
1. Siswa mengamati beberapa gambar binatang peliharaan yang terdapat pada halaman 6. Siswa mengamati gambar bawah umur binatang dan binatang yang sudah dewasa. Dengan bimbingan guru, siswa kemudian mendiskusikan bagaimana hewan-hewan tersebut mengalami pertumbuhan.
Guru sanggup memperlihatkan pertanyaan: · Apakah kalian mempunyai binatang peliharaan? · Apakah binatang peliharaanmu mempunyai anak? · Bagaimanakah tahapan-tahapan pertumbuhan binatang yang kau ketahui? |
Ayo Berdiskusi
1. Bentuklah kelompok yang terdiri atas 3-4 siswa. Secara berkelompok siswa mengamati beberapa gambar tahapan pertumbuhan binatang yang terdapat pada halaman 8. Siswa kemudian menyusun gambar-gambar tahapan pertumbuhan binatang tersebut menjadi tahapan pertumbuhan binatang yang benar. Setiap kelompok kemudian berdiskusi dan menuliskan kesimpulan hasil diskusinya perihal tahapan pertumbuhan binatang tersebut pada kolom yang terdapat pada halaman 9. Setiap kelompok mempresentasikan hasil kesimpulannya di depan kelas.
HASIL YANG DIHARAPKAN |
Kecermatan dan ketelitian siswa dalam mengamati gambar tahapan perkembangan hewan, kemampuan dan ketrampilan siswa dalam mengidentifikasi siklus hidup mahkluk hidup |
Kegiatan Penutup:
A. Ayo Renungkan
· Sikap apakah yang perlu dibangun untuk memilih cita-citamu? · Manfaat apakah yang sanggup kau berikan kepada orang lain dengan menggapai cita-citamu? · Sikap apakah yang perlu ditunjukkan untuk memelihara binatang peliharaan? |
Sebagai acara penutup, guru memimpin diskusi kelas dan membantu siswa dalam menciptakan kesimpulan besar perihal kegiatan-kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan pada hari tersebut. Siswa diminta untuk merefleksikan:
· Sikap apa saja yang perlu mereka bangkit dalam menggapai cita-cita. · Manfaat apa yang akan mereka berikan kepada orang lain dengan impian yang mereka miliki tersebut. |
Sebagai bentuk tanggung jawab terhadap makhluk hidup yang ada disekitarnya, sikap apa saja yang perlu ditunjukkan dalam memelihara binatang peliharaan.
B. Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa mengamati hewan-hewan peliharaan yang ada di sekitar rumahnya, siswa bersama dengan orang tuanya di rumah berdiskusi perihal tahapan-tahapan pertumbuhan yang terjadi pada hewan-hewan tersebut.
Salam dan do’a penutup.
G. SUMBER DAN MEDIA
- Buku Pedoman Guru Tema 6 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 6 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
- Buku Sekolahnya Manusia, Munif Chatib.
- Video/slide.
- Gambar binatang dan tumbuhan,
- Contoh-contoh puisi.
- Lingkungan sekitar.
H. PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi penerima didik. Hasil evaluasi dipakai sebagai materi penyusunan laporan kemajuan hasil mencar ilmu dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini sanggup dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric evaluasi sebagai berikut.
2. Membuat Kesimpulan dari Pengamatan dan Diskusi
Bentuk penilaian : Penugasan
Instrumen Penilaian : rubrik
KD Bahasa Indonesia 3.6 dan 4.6
Tujuan Kegiatan Penilaian:
· Mengukur pengetahuan siswa dalam mengidentifikasi ciri-ciri puisi.
Ciri-ciri puisi ialah sebagai berikut:
.........................................................................................................
.........................................................................................................
.........................................................................................................
.........................................................................................................
.........................................................................................................
.........................................................................................................
.........................................................................................................
Aspek | Sangat Baik | Baik | Cukup | Perlu Pendampingan |
4 | 3 | 2 | 1 | |
Pengetahuan perihal ciri-ciri puisi | Menyebutkan dengan benar semua ciri puisi | Menyebutkan 3 ciri puisi dengan benar | Menyebutkan 2 ciri puisi dengan benar | Hanya menyebutkan 1 ciri puisi |
Ketrampilan menuliskan hasil kesimpulan pengamatan dan diskusi perihal ciri-ciri puisi dengan benar dan bahasa yang runtut | Menyebutkan semua ciri-ciri puisi dengan benar yang runtut | Menuliskan 3 ciri-ciri bahasa yang runtut | Menuliskan dengan benar 2 ciri-ciri puisi dan bahasa kurang runtut | Menuliskan dengan benar 1 ciri-ciri puisi dengan bahasa kurang runtut |
Catatan Guru
1. Masalah :……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen Spesial :………….
Mengetahui Kepala Sekolah, ........................................ NIP. ....................................... | ..............., ............................. 2018 Guru Kelas IV, ....................................... NIP. ................................... |
Demikian biar ateri yang kami bagikan ketika ini sanggup menimbulkan kelengkapan manajemen rekan-rekan guru semuanya.
Sumber http://fileledukasi.blogspot.com