Thursday, December 14, 2017

√ Dasar-Dasar Penjabaran Mahluk Hidup

Masing-masing mahluk hidup mempunyai ciri yang membedakannya dengan mahluk hidup alainnya. Disamping mempunyai perbedaan, beberapa mahluk hidup mempunyai satu atau lebih persamaan. Perhatikan dua mahluk hidup ibarat kuda dan sapi. Keduanya punya persamaan dan perbedaan. Persamaannya yaitu mempunyai tulang belakang, jumlah kaki 4, mempunyai rambut dan lainnya. Perbedaannya yaitu cara makan kuda tidak memamah biak, sementara sapi memamah biak. 
masing mahluk hidup mempunyai ciri yang membedakannya dengan mahluk hidup alainnya √ Dasar-Dasar Klasifikasi Mahluk Hidup
Kuda dan sapi 

1. Berdasarkan Persamaan
Kita sanggup mengklasifikasika mahluk hidup berdasarkan persamaannya ibarat yang dilakukan pada sapi dan kuda tadi. Menurutmu berdasarkan ciri-cirinya maka kuda dan sapi sanggup dikelompokkan sebagai mahluk hidup apa ya?

Dengan mengamati ciri-cirinya, kita sanggup mengelompokkan kuda dan sapi dalam jenis hewan. Karena mempunyai tulang belakang dan keduanya merupakan kelompok binatang bertulang belakang. Atau sanggup pula dikelompokkan sebagai binatang menyusui, alasannya yaitu mempunyai kelenjar susu atau mamalia. Kuda dan sapi juga masuk dalam kategori tetrapoda alasannya yaitu sama-sama berkaki empat.

2. Berdasarkan Perbedaan
Meskipun kuda dan sapi merupakan satu kelompok binatang mamalia namun kita juga sanggup memisahkan keduanya sebagai kelomok yang berbeda berdasarkan perbedaan cirinya. Misalnya dengan melihat jumlah jari  di setiap kakinya, kuda memilki tiga jari di setiap kaki sehingga masuk dalam kelompok binatang mamalia berjari ganjil atau Perisodactyla. Sementara sapi mempunyai empat jari di setiap kakinya sehingga masuk aktegori mamalia berjari genap atau Artiodactyla, demikian pula kambing dan kerbau.

3. Berdasarkan Manfaat
Pengelompokkan merupakan salah satu upaya dalam mengklasifikasi. Hampir setiap orang melaksanakan penjabaran terhadap mahluk hiudp. Dalam dunia flora kita mengelompokkan mawar, melati, cemara dan bugencil ke dalam kelompok tumbuhan hias. Kacang, jagung, ketela dikelompokkan dalam tumbuhan budidaya. Kacang tanah, kacang panjang, kacang merah dikelompokkan ke dalam tumbuhan kacang dan lainnya.

Klasifikasi sanggup dilakukan oleh siapa saja asal mempunyai dasar dan tujuan yang jelas. Misal bayam, kol, kentang, kacang panjang, wortel dan sawi masuk dalam kelompok sayur-sayuran. Dasar pengelompokkan itu yaitu bahwa tanaman-tanaman itu sanggup dipakai sebagai sayuran sedangkan tujuannya untuk memudahkan insan dalam memanfaatkan tanaman-tanaman tersebut sebagai sayuran.

4. Berdasarkan Ciri Morfologi dan Anatomi
Klasifikasi didasarkan pada persamaan atau perbedaan ciri-ciri tertentu. Ciri-ciri yang dipakai terutama yaitu ciri-ciri morfologi dan anatomi. Morfologi yaitu ciri-ciri yang tampak di bab luar badan mahluk hidup. Anatomi yaitu ciri-ciri yang ada di bab dalam badan mahluk hidup.

Pada tumbuh-tumbuhan, ciri-ciri yang sanggup dignakan dalam mengklasifikasi sanggup berupa ciri-ciri morfologi contohnya warna bunga, bentuk bungi, bentuk biji, kekerasan biji, bentuk pohon, bentuk daun dan lainnya. Dapat pula ciri-ciri anatomi contohnya ada tidaknya berkas pengangkut, kehadiran kambrium atau tidak, ada tidaknya kambium dan lainnya.

Ciri-ciri yang sanggup dipakai dalam mengklasifikasikan binatang contohnya ada tidaknya tulang belakang, bentuk alat gerak, jumlah sayap, ruas-ruas pada tubuh, jumlah kaki dan lainnya.

5. Berdasarkan Ciri Biokimia
Dalam perkembangannnya, ciri-ciri yang dipakai dalam penjabaran tidak hanya ciri morfologi dan anatomi namun juga ciri biokimia contohnya jenis protein, jenis enzim, ada tidaknya membran organela sel. DNA atau asam nukleat juga dipakai untuk memilih relasi kekerabatan mahluk hidup. Gambar: disini

Sumber http://www.gurugeografi.id