Wednesday, December 13, 2017

√ Anutan Fls2n Smp Tahun 2018

Dalam rencana strategis (Renstra) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2015 – 2019, visi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2015 – 2019 yaitu “Terbentuknya insan serta ekosistem Pendidikan dan Kebudayaan yang berkarakter dengan berlandasan gotong royong”.

Pemerintah sebagai pengelola dan penyelenggara pendidikan berupaya keras dalam melaksanakan program-program peningkatan mutu pendidikan. Kemndikbud dalam hal ini diwakili oleh DITPSMP  berusaha terus untuk mewujukan salah satu jadwal Nawacita Presiden Republik Indonesia Bapak Jokowi yaitu meningkatkan kualitas hidup insan Indonesia dan melaksanakan revolusi abjad bangsa yang akan dilaksanakan melalui acara seni.

Sebagai upaya menawarkan ruang untuk membuatkan kreativitas dalam penguatan pendidikan abjad dan potensi seni penerima bimbing SMP, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, menyelenggarakan acara yang bisa mewadahi talenta dan minat seni penerima didik, yaitu Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N).

 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun  √ Pedoman FLS2N SMP Tahun 2018

Persyaratan penerima FLS2N yaitu jenjang SMP, MTs Sederajat negeri maupun swasta dengan ketentuan sebagai berikut :
  • Merupakan siswa yang belum pernah juara I, II, III, Harapan I, Harapan II, Harapan III, dan Penyaji Terbaik pada acara FLS2N SMP/Mts Tingkat Nasional pada tahun sebelumnya;
  • Peserta merupakan siswa kelas VII atau VIII (Kelas IX dihentikan ikut yaa) yang masih berstatus sebagai siswa SMP dan masih aktif ketika mengikuti lomba dengan dibuktikan surat keterangan dari Kepala Sekolah tempat siswa bersekolah yang bersangkutan;
  • Peserta FLS2N tingkat nasional merupakan sangjuara FLS2N Tingkat Provinsi;
  • Memiliki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) dan terdaftar di data pokok penerima bimbing yang diperoleh dari Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Cabang yang dilombakan FLS2N pada jenjang SMP tahun 2018 ada lima jenis cabang seni yang dilombakan sebagai berikut :
  • Festival Kreativitas Tari
  • Festival Kreativitas Musik Tradisional
  • Lomba Gitar Solo
  • Lomba Menyanyi Solo dan 
  • Lomba Desain Poster

Silahkan d0wnl0ad petunjuk Pelaksanaan FLS2N SMP Tahun 2018

Lomba FLS2N tingkat SMP dilaksanakan secara bertingkat, seleksi dimulai dari jenjang tingkat sekoah, selanjutnya ke tingkat kabupaten kota, kemudian sang juara tingkat kabupaten dilanjutkan ke tingkat provinsi. Yang terbaik ditingkat provinsi yang berhak melanjut ke tingkat nasional.

Tari menjadi bab penting dalam kehidupan masyarakat yang mengandung nilai-nilai religius, nilai moral, dan nilai edukasi dalam kaitannya dengan korelasi insan terhadap Tuhan, korelasi sesama insan dan korelasi insan dengan alam sekitar. Beberapa nilai pendidikan abjad dalam tari menyerupai cinta tanah air, cinta lingkungan, dan gembira terhadap identitas budaya yang mempunyai kearifan lokal.

Setiap tempat mempunyai khasanah tari tradisi dengan aneka macam keunikan yang menjadicirikhas. Salahsatu bentuk pelestarian yaitu denganmengembangkan tari tradisi ke dalam bentuk yang kreatif dan inovatif. Hal ini sanggup melahirkan akulturasi budaya sebagai wujud dari adanya keberagaman budaya yang ada di nusantara. Dengan demikian dalam proses penciptaan sanggup mengambil sumber pijakan tari (gerak, musik tari, rias dan busana) dari aneka macam tempat di luar etnisnya.

Di kurun digital ini belum dewasa lebih nyaman berlama-lama menatap layar komputer, gadget yang berisikan program-program/software ihwal editing gambar, musik, dan sanggup melihat film-film tari yang ada di aneka macam kepingan bumi lain. Kondisi ini menjadi modal faktual untuk menambah wawasan penerima bimbing dalam berkarya tari. Proses kreatif yang melibatkan aneka macam tema yang dibungkus dengan tradisi yang sanggup berakulturasi dengan budaya lain ditambah dengan sentuhan teknologi dibutuhkan sanggup menghasilkan kreativitas siswa yang menggambarkan insan Indonesia yang menurut Pancasila.

Sumber http://www.infolombasiswa.com