Monday, October 23, 2017

√ Kunci Balasan Tematik Kelas 5 Tema 8 Halaman 16, 17, 23, 26


 Kunci tanggapan soal tematik yang ada pada buku siswa kelas  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 Halaman 16, 17, 23, 26

Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 Subtema 1 Halaman 16, 17, 23, 26


Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 Halaman 16, 17, 23, 26 - Kunci tanggapan soal tematik yang ada pada buku siswa kelas 5 tema 8 lingkungan sahabat kita subtema 1 insan dan lingkungan pembelajaran 3 kurikulum 2013 yang sudah di revisi terbaru. Kunci tanggapan tematik kelas 5 tema 8 halaman 16 dan 17 wacana teks rumah batang ulak palin.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 lingkungan sahabat kita halaman 23 wacana bermain kiprah naskah drama pendek perilaku toleransi dan menidentifikasi kosakata dari bahas Indonesia dan bahasa kawasan yang sesuai artinya serta mengidentifikasi judul lagu, nama dan keunikan pakaian adat.

Kunci tanggapan tema 8 kelas 5 subtema 1 halaman 26 wacana tabel laporan jenis perjuangan dengan mengolah sumber daya alam. Kunci tanggapan tematik kelas 5 SD K13 ini tentunya juga adilengkapi dengan materi pelajaran dan gambar-gambar yang terdapat pada buku tematik terpadu siswa kelas 5 tema 8 semester 2 kurikulum 2013.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 Halaman 16, 17, 23, 26


Baca juga :

Ada bermacam-macam budaya di Indonesia. Keragaman budaya terjadi di antaranya alasannya masyarakat menyesuaikan dengan lingkungan sekitar. Ada sebuah kawasan yang mempunyai keunikan budaya berupa rumah betang. Di kawasan manakah itu? Ayo kita cari tahu.

Ayo Membaca

Rumah Betang Uluk Palin

Rumah betang (rumah panjang) uluk palin terletak di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Rumah betang ini berukuran panjang 268 meter, tinggi 5-6 meter, dan mempunyai 53 bilik rumah.

Menurut data pada tahun 2007, rumah betang uluk palin dihuni lebih dari 500 jiwa yang terdiri atas sekitar 130 kepala keluarga.

Tidak diketahui persis pada tahun berapa rumah betang ini pertama kali dibangun. Namun, diperkirakan rumah ini pertama kali didirikan oleh komunitas Tamambaloh Apalin pada tahun 1800-an.

Kemudian, rumah betang ini pernah diperbaiki pada 1940-an alasannya kebakaran. Rumah betang ini juga telah tiga kali berpindah lokasi alasannya menyesuaikan dengan perubahan alur Sungai Uluk dan Sungai Nyabau akhir erosi.

 Kunci tanggapan soal tematik yang ada pada buku siswa kelas  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 Halaman 16, 17, 23, 26

Dalam tradisi Dayak, rumah betang dan hutan yaitu sentra sekaligus serpihan terpenting semesta kehidupan. Seperti jikalau kita mengucapkan kata “kampung”, “pulang”, “rumah”; rumah betanglah yang diingat oleh masyarakat Dayak.

Bagi mereka, rumah betang juga merupakan pemersatu. Di sanalah mereka berkerabat dan bertradisi. Di rumah betanglah tradisi Dayak terpelihara. Rumah betang yaitu kekayaan budaya Indonesia.

Namun, pada Sabtu 13 September 2014 malam rumah betang uluk palin terbakar. Tidak ada yang tersisa dari rumah betang yang terpanjang dan tertua di seantero Kalimantan itu.

Masyarakat bersedih alasannya kehilangan tempat tinggal. Lebih dari itu, masyarakat Kalimantan bersedih alasannya rumah betang uluk palin merupakan cagar budaya yang sangat penting.

Bentuk rumah susila setiap suku bangsa menyesuaikan kondisi lingkungan alam sekitarnya. Rumah susila Kalimantan biasanya berupa rumah panggung untuk menghindari serangan hewan-hewan liar. Bagaimana dengan rumah susila di daerahmu?

Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 Halaman 16 & 17


Ayo Berdiskusi

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan berdiskusi bersama teman-teman kelompokmu.
1. Ceritakanlah secara singkat insiden pada teks “Rumah Betang Uluk Palin”.
Jawaban :
  • Rumah betang (rumah panjang) uluk palin terletak di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. 
  • Rumah Betang Uluk Palin berukuran panjang 268 meter, tinggi 5-6 meter, dan mempunyai 53 bilik rumah. 
  • Rumah Betang Uluk Palin dihuni lebih dari 500 jiwa yang terdiri atas sekitar 130 kepala keluarga. 
  • Rumah Betang Uluk Palin pertama kali didirikan oleh komunitas Tamambaloh Apalin pada tahun 1800-an
  • Rumah Betang Uluk Palin pernah diperbaiki pada 1940-an alasannya kebakaran. 
  • Rumah Betang Uluk Palin juga telah tiga kali berpindah lokasi alasannya menyesuaikan dengan perubahan alur Sungai Uluk dan Sungai Nyabau akhir erosi.
  • Dalam tradisi Dayak, rumah betang dan hutan yaitu sentra sekaligus serpihan terpenting semesta kehidupan.
  • Rumah Betang Uluk Palin yaitu kekayaan budaya Indonesia. 
  • Pada Sabtu 13 September 2014 malam rumah betang uluk palin terbakar.

2. Apa keunikan rumah betang?
Jawaban :
  • Rumah Betang Uluk Palin berukuran panjang 268 meter, tinggi 5-6 meter, dan mempunyai 53 bilik rumah. 
  • Rumah Betang Uluk Palin dihuni lebih dari 500 jiwa yang terdiri atas sekitar 130 kepala keluarga. 

3. Apa keunikan rumah susila di daerahmu?
Jawaban :
Alternatif Jawaban diubahsuaikan dengan kawasan dan lingkungan sekolah siswa.

Rumah susila merupakan salah satu keragaman budaya di Indonesia. Adakah keragaman lain dalam budaya Indonesia? Ayo, bacalah teks berikut.

Ayo Membaca

Keragaman Budaya Bangsa di Wilayah Indonesia

Kekayaan budaya Indonesia alasannya banyak sekali suku bangsa yang ada. Kekayaan itu bermacam-macam bentuknya. Beberapa di antaranya berbentuk bahasa daerah, rumah tradisional, pakaian adat, dan kesenian kawasan berupa taritarian, alat musik, lagu-lagu, dan upacara adat. Semua budaya tersebut menjadi ciri khas tiap-tiap daerah. Berikut pola budaya kawasan di Indonesia.

1. Bahasa Daerah
Setiap suku bangsa dalam berkomunikasi memakai bahasa kawasan setempat. Dengan demikian, keragaman suku menghasilkan bahasa yang beragam. Perhatikan pola keragaman kata akhir keragaman bahasa kawasan berikut.

 Kunci tanggapan soal tematik yang ada pada buku siswa kelas  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 Halaman 16, 17, 23, 26

Keragaman bahasa kawasan tidak mengakibatkan duduk kasus antarsuku bangsa. Hal ini alasannya dalam komunikasi antarsuku bangsa dipakai bahasa Indonesia yang telah bisa mempersatukan perbedaan bahasa daerah.

2. Rumah Adat
Hampir setiap suku bangsa mempunyai bentuk rumah sebagai tempat tinggalnya yang berbeda-beda. Bangunan rumah setiap suku bangsa diubahsuaikan dengan kondisi alam. Nama rumah susila setiap kawasan pun berbeda. Berikut nama beberapa rumah susila dari banyak sekali kawasan di Indonesia.

 Kunci tanggapan soal tematik yang ada pada buku siswa kelas  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 Halaman 16, 17, 23, 26

3. Pakaian Adat
Pakaian susila tradisional Indonesia merupakan salah satu kekayaan budaya yang dimiliki negara Indonesia. Banyaknya suku-suku dan provinsi yang ada di wilayah negara Indonesia maka banyak pula baju susila yang dimiliki oleh setiap suku di seluruh provinsi Indonesia.

Pakaian susila di Indonesia mempunyai ciri-ciri khusus dalam pembuatan atau dalam mengenakan pakaian susila tersebut. Berikut beberapa nama pakaian susila dari banyak sekali kawasan di Indonesia.

 Kunci tanggapan soal tematik yang ada pada buku siswa kelas  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 Halaman 16, 17, 23, 26

4. Kesenian Daerah
Kesenian kawasan di wilayah Indonesia sangat beragam. Setiap suku bangsa mempunyai kesenian khas terdiri atas tari-tarian dan lagu daerah. Berikut beberapa nama tari dari banyak sekali kawasan di Indonesia.

 Kunci tanggapan soal tematik yang ada pada buku siswa kelas  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 Halaman 16, 17, 23, 26

Itulah pola keragaman budaya yang ada dalam masyarakat Indonesia. Semua itu merupakan kekayaan negara Indonesia yang sangat dikagumi negara lain.

 Indonesia memang mempunyai masyarakat majemuk. Namun demikian, masyarakat Indonesia tetap hidup rukun, saling menghormati, dan bertoleransi antarwarga masyarakat. Masih banyak keragaman masyarakat Indonesia lainnya.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 8 Subtema 1 Halaman 23


Ayo Bermain Peran

Kamu telah mengetahui keragaman budaya di Indonesia. Keberagaman itu tentu diharapkan perilaku toleransi di antara masyarakat Indonesia. Sikap apa yang sanggup kalian terapkan dalam keragaman budaya masyarakat Indonesia? Buatlah naskah drama pendek wacana perilaku toleransi, kemudian mainkan naskah drama tersebut.

Naskah drama pendek wacana perilaku toleransi :
Grace pergi ke rumah Nayaka bersama dengan Siti. Mereka berencana hendak mengerjakan kiprah yang diberikan oleh guru. Nayaka yaitu siswa pindahan dari kawasan Bali dan bersekolah di sekolah tempat Grace dan Siti yang berada di pulau Jawa.
Nayaka : "Silakan masuk teman-teman. Silakan dinikmati hidangan yang saya siapkan buat kalian. Aku tinggal dulu ke belakang sebentar ya."
Siti : "Ya"
Grace : "Siti."
Siti : "Ya, ada apa Grace?"
Grace : "Kamu kan suka jeruk? itu ada jeruk besar, di pojok ruangan itu, kelihatannya enak."
Siti : "Hus, tidak boleh."
Grace : "Kenapa? kan kata Nayaka diperbolehkan memakan makanan yang disediakan?"
Siti : "Iya, tapi itu Jeruk bukan untuk dimakan kita, tapi itu yaitu salah satu kebiasaan susila budaya tempat Nayaka berasal"
Grace : "O, begitu ya. Kalau begitu kita makan yang disediakan di meja depan kita saja."
Siti : "Iya, kita harus menghormati keragaman budaya yang banyak tersebar di Indonesia."
Grace : "Benar sekali"

Tugas
Kerjakan kiprah ini bersama kelompokmu. Setiap kelompok terdiri atas 4-5 siswa.
1. Tuliskan daftar kosakata dari bahasa Indonesia dan bahasa daerahmu yang sesuai artinya. Tuliskan paling sedikit 25 kata.
Jawaban :
Alternatif tanggapan diubahsuaikan dengan kawasan dan lingkungan sekolah masing-masing siswa.

2. Identifikasi nama dan keunikan pakaian susila dari daerahmu.
Jawaban :
Alternatif tanggapan diubahsuaikan dengan kawasan dan lingkungan sekolah masing-masing siswa.

3. Tuliskan judul lagu-lagu kawasan di Indonesia.

 Kunci tanggapan soal tematik yang ada pada buku siswa kelas  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 Halaman 16, 17, 23, 26

Selain keragaman budaya, ada banyak sekali jenis perjuangan dan kegiatan ekonomi dalam masyarakat. Apa sajakah itu?

Ayo Membaca

Jenis Usaha dengan Mengolah Sumber Daya Alam

Untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat melaksanakan banyak sekali usaha. Berbagai kegiatan dan jenis perjuangan yang dilakukan menghasilkan barang dan jasa. Salah satu jenis perjuangan di masyarakat yaitu mengolah sumber daya alam dari lingkungan.

Kita mengenal banyak sekali bentuk kegiatan insan dalam mengolah sumber daya alam untuk mencukupi kebutuhan hidup. Jenis perjuangan bidang produksi yang bergerak dalam pengolahan sumber daya alam (hewan dan tumbuhan) disebut perjuangan agraris. Jenis perjuangan yang termasuk bidang agraris (pertanian dalam arti luas) antara lain persawahan, perkebunan, perhutanan, peternakan, dan perikanan.

 Kunci tanggapan soal tematik yang ada pada buku siswa kelas  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 Halaman 16, 17, 23, 26

Umumnya, perjuangan persawahan dan perkebunan dilakukan di kawasan perdesaan alasannya tanahnya masih luas. Namun, kini kita sanggup melaksanakan perjuangan penanaman pada lahan sempit, contohnya dengan cara hidroponik (penanaman dengan media air) atau vertikultur (cara bercocokn tanam dengan menempatkan media tanam dalam wadah yang disusun secara vertikal).

Tanah pertanian ditanami sayur-mayur, buah-buahan, dan palawija. Lahan pertanian juga dimanfaatkan untuk perkebunan. Tanaman perkebunan di antaranya cengkih, teh, karet, cokelat, tembakau, kopi, dan kelapa sawit.

Usaha di bidang peternakan membutuhkan lahan yang luas. Hewan-hewan yang diternakkan antara lain sapi, kambing, domba, itik, dan ayam. Selain itu, ada juga peternakan ulat sutra. Kepompong ulat sutra sanggup menghasilkan serat materi baku kain sutra.

 Kunci tanggapan soal tematik yang ada pada buku siswa kelas  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 Halaman 16, 17, 23, 26

Kegiatan pertanian lainnya yaitu perikanan. Usaha di bidang perikanan sanggup dilakukan di kawasan pantai atau bendungan/waduk. Akan tetapi, ada juga perjuangan perikanan yang memanfaatkan kolam-kolam di lahan persawahan.

 Kunci tanggapan soal tematik yang ada pada buku siswa kelas  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 Halaman 16, 17, 23, 26

Ada pula jenis perjuangan lain yang memanfaatkan secara eksklusif sumber daya alam. Jenis perjuangan ini disebut bidang perjuangan ekstraktif. Dalam bidang perjuangan ekstraktif, kita hanya mengambil sumber daya alam tanpa harus mengolahnya terlebih dahulu. Bidang perjuangan ekstraktif yaitu berburu, pertambangan, dan penebangan hutan.

 Kunci tanggapan soal tematik yang ada pada buku siswa kelas  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 Halaman 16, 17, 23, 26

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 8 Halaman 26


Ayo Mengamati

Amatilah acara penduduk sekitarmu yang memanfaatkan sumber daya alam. Lakukan bersama kelompokmu. Buatlah laporan dengan pola berikut.

 Kunci tanggapan soal tematik yang ada pada buku siswa kelas  √ Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 Halaman 16, 17, 23, 26


Demikian Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Subtema 1 Manusia dan Lingkungan Pembelajaran 3 Halaman 16, 17, 23, 26. Semoga kunci tanggapan tematik kelas 5 k13 ini sanggup memperlihatkan manfaat bagi pembaca dimanapun berada.


Sumber http://www.sanjayaops.com